Perusahaan Di Wilayah Driyorejo Lebih Merapat Dan Kooperatif Dengan Pemerintah Desa

0
33

Gresik, Sinar Pos

Driyorejo merupakan sebuah desa di Gresik Selatan yang mana sebagai perbatasan dengan kabupaten Sidoarjo dan kotamadya Surabaya.Akan tetapi Driyorejo sangat padat akan pembangunan industri,sehingga memacu laju perekonomian desa untuk berkembang.

Saat ini industri di wilayah padat penduduk sangat rentan adanya konflik,sehingga perlu adanya tindakan dari trantib kecamatan secara humanis.

Dapat dibayangkan berapa jumlah perusahaan atau industri yang sudah beraktifitas maupun produktif.Orientasi kordinasi perusahaan lebih intensif dengan pemerintah desa dari pada dengan kecamatanc(trantib). Alasan, karena perusahaan lebih dekat wilayah) dan lebih terjamin keamanannya.Oleh karena itu, ada kejadian apapun terhadap perusahaan, pihak trantib kecamatan tidak mengetahui terkecuali ada laporan dari pemerintah desa. Begitu pula dengan adanya baliho iklan atau reklame semakin marak dan tidak mematuhi aturan tata letak yang benar, dan juga tidak melakukan proses izinnya.

” kecamatan (trantib) tidak ada info perihal adanya pergudangan yang di gunakan untuk produksi,”Kata kasi trantib Driyorejo Sunoko,SE.Lebih lanjut beliau menerangkan,baru dari anda (wartawan) ini informasi tersampaikan dan secepatnya saya akan menindak lanjutinya.Memang selama ini pergudangan yang ada di wilayah kecamatan Driyorejo sebagian disalah gunakan peruntukannya.Oleh karena itu,berdasarkan laporan beberapa pihak terkait hal tersebut pemerintah kabupaten (pemkab) membentuk tim 7 yang mana dengan maksud dan tujuan untuk lebih mengutamakan PAD kabupaten Gresik.

“Pemerintah kabupaten (pemkab) Gresik, menginstruksikan ke tiap kecamatan (trantib) untuk mendata ulang perizinan tiap perusahaan di wilayah masing – masing,”kata Sunoko kasi trantib kecamatan Driyorejo.Selama ini kinerja trantib kecamatan tidak bisa bertindak terlalu jauh,karena tidak punya kewenangan untuk penindakan, jadi hanya sebatas meng informasikan atau melaporkan ke dinas terkait.” imbuhnya.

“Memang kita menyampaikan sosialisasi,terkait himbauan dari dinas perizinan untuk tiap perusahaan yang belum melengkapi izinnya,” Jelas camat Driyorejo Satryo.

Adapun laporan tentang perizinan bengkel SKA yang berdomisili di jalan raya Tenaru,kecamatan Driyorejo oleh kasi trantib kecamatan Driyorejo tidak ada tidak lanjut sampai saat ini.Apakah tindakan – tindakan yang dilakukan dinas terkait tersebut dapat di arti kan “TEBANG PILIH”

Banyak kasus terjadi di wilayah Driyorejo akan tetapi tidak ada yang muncul kepermukaan.Semoga pejabat aparat terkait tidak alergi akan penanganan penyelesaian hukum untuk perusahaan yang bermasalah.(ach98)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here