PROSES PEMBUATAN e-KTP MUDAH TAPI LAMA

0
82

GRESIK, SINAR POS

Beberapa hari sampai bulan untuk pelaksanaan KTP elektronik di wilayah Gresik Selatan belum selesai,yang mana penyelenggara di pusatkan di kecamatan kedamean. Jadi masyarakat yang sudah perekaman diwilayah masing – masing (kecamatan driyorejo  atau kecamatan wringin anom) untuk sidik jari dilakukan di kecamatan kedamean.

Antusiasme masyarakat terhadap program pemerintah pusat tersebut (e-KTP) mendapat respon positif. Kegiatan tersebut dilakukan sejak bulan November 2017 sampai sekarang dan personil kecamatan diminta untuk membantu pelaksanaan sampai selesai.

“Saya datang kesini sejak dari subuh (04.30 Wib), sampai saat ini belum ada panggilan dari petugas,”kata Suyitno warga dari kecamatan Wringin Anom. Padahal orang tersebut bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan,dan memintah ijin hanya satu hari. Apabila proses pembuatan e-KTP tidak bisa jadi hari itu juga,maka orang itu akan bolos kerja (konskuensinya potong gaji).

“ya..memang kecamatan kedamean saat ini ketempatan proses pembuatan e-KTP dan petugasnya juga dari dispendukcapil (dinas kependudukan dan catatan sipil) kabupaten Gresik serta di bantu oleh petugas kecamatan,”kata Sunarto ST camat kedamean.Oleh karena itu kami berusaha semaksimal mungkin membantu masyarakat dalam pelayanan, terkhusus pembuatan e-KTP,”lebih lanjut penjelasan camat yang baru dilantik.saat kami konfirmasi ke petugas disdukcapil sangat tidak memungkinkan,dikarenakan sangat sibuk.

Apakah proses pembuatan e-KTP untuk wilayah kabupaten dengan wilayah kota ada perbedaan…?
Proses tersebut sama – sama menggunakan komputerisasi yang seharusnya lebih mudah dan mempercepat pencetakan e-KTP.Mungkinkah ada kendala dari prosedur persyaratan dari masyarakat untuk pembuatan e-KTP.Hal itu menjadikan problem atau kendala semua unsur,oleh karenanya birokrasi pelayanan harus lebih di utamakan.Faktor kepemilikan e-KTP sangat penting (vital) sebagai alat bukti data kependudukan warga Indonesia.

Semoga proses pelaksanaan pembuatan e-KTP untuk wilayah Gresik lancar dan cepat selesai tidak ada kendala berarti,amin (ach98)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here