Terwujudnya Masyarakat Desa Plosorejo yang Sejahtera dan Mandiri Terdepan di Bidang Pertanian

0
75

Blitar,Sinar Pos

Desa Plosorejo adalah desa yang berada di  Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Desa ini lebih dikenal dengan sebutan Kampung Coklat atau bisa disebut  “wisata Edukasi Kampung Coklat ” merupakan sebuah area wisata edukasi keluarga yang berlokasi Jl.Banteng Blorok Desa Plosorejo. Para pengunjung datang dari berbagai daerah setiap hari. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarnya.

Drs. Bejananto, Kepala Desa Plosorejo mengatakan visi Desa Plosorejo adalah gambaran tentang kondisi idial yang diinginkan atau yang di cita – citakan oleh pemerintah desa masa yang akan datang .Visi juga merupakan alat bagi pemerintah desa dan pelaku pembangunan lainya melihat, menilai atau memberi predikat terhadap kondisi desa yang diinginkan .Visi desa Plosorejo adalah Terwujudnya Masyarakat Desa Plosorejo yang Sejahtera dan Mandiri Terdepan di bidang Pertanian. Maknanya adalah, Sejahtera: Suatu masyarakat dikatakan Sejahtera apabila keadaan kesehatan , pendidikan,perekonomian masyarakat dapat terpenuhi sesuai standar hidup yang layak.  Mandiri : Suatu masyarakat dikatakan mandiri apabila masyarakat mampu berswadaya dalam mendukung pembangunan desa serta mampu membuka lapangan kerja dengan kemampuan Sumber Daya Manusia Yang ada . Kades Plosorejo menjelaskan keberadaan visi ini merupakan cita – cita yang akan dituju dimasa mendatang oleh segenap warga desa Plosorejo. “Dengan visi ini diharapkan terwujud masyarakat desa Plosorejo yang maju dalam bidang pertanian , sehingga bisa mengantarkan kehidupan yang rukun dan makmur. Di samping itu diharapkan juga akan terjadi inovasi pembangunan desa di dalam berbagai bidang utamanya pertanian, perkebunan, peternakan, pertukangan dan kebudayaan yang ditopang oleh nilai – nilai keagamaan, ” Ungkapnya.

Sementara itu Sunarjis, SP. Sekretaris Desa Plosorejo mengatakan Desa Plosorejo memiliki potensi yang beraneka ragam, kekayaan yang dimiliki baik Sumber Daya Alan ( SDA) maupun Sumberdaya Manusia (SDM) maupun kelembagaan / organisasi yang hingga saat ini potensi sumber daya yang ada belum benar – benar optimal untuk diberdayakan yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bisa memakmurkan desa.

Sekdes Plosorejo Sunarjis menjelaskan potensi Sumber Daya Manusia yang ada di desa Plosorejo masih perlu digali , berbagai tenaga terampil di bidang pertanian , perkebunan,industri rumah tangga, perbengkelan dan teknologi informasi serta lainya merupakan modal bagi pembangunan ekonomi dan pertanian .” Potensi – potensi ini masih perlu digali dan dimaksimalkan  , karena hingga saat ini potensi tersebut belum bermanfaat secara optimal, ” Jelasnya.

Sasaran merupakan hasil yang diharapkan dari tujuan perencanaan pembangunan jangka menengah adalah desa Plosorejo tahun 2014 – 2019 adalah membentuk aparatur pemerintah desa yang mempunyai kepastian dan kemampuan dalam melayani masyarakat sehingga terwujud pemerintahan desa yang efisien dan efektif. Sehingga diperlukan membentuk Sumberdaya Manusia yang berkualitas dalam kesehatan dan pendidikan.( Har/Dar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here