Tanpa Ada Musyawarah, Masyarakat Dusun Sumber Pasang Tiga Patok Bambu

0
139

Gresik, Sinar Pos

Warga masyarakat dusun sumber resah dengan adanya pengurukan dan pembongkaran jembatan penghubung antar dusun sumber menuju dusun bulang desa Deliksumber Kecamatan Benjeng,kabupaten Gresik,” Sabtu malam(02/06/2018).

Keresahan mereka bukan tanpa alasan melainkan karena pengurukan tersebut dilakukan tanpa adanya musyawarah ke dusun sumber sehingga warga memasang tiga patok dari bambu di Rt04 Rw02 dusun sumber di jalan poros dusun sumber menuju dusun bulang desa delik sumber.

Jupri sekertaris BPD warga dusun sumber kepada Sinar Pos menjelaskan, kejadian bermula gorong – gorong atau jembatan di tengah sawah yang difungsikan untuk bagi air agar tidak tergenang agar tidak merusak pertanian di sebelah selatan tiba – tiba di uruk atau dibuntu oleh warga dusun bulang atas izin oleh kepala desa delik sumber.

“Namun tidak ada musyawarah terkait pengurukan kepada masyarakat dusun sumber mulai dari RT, BPD, dan kepala dusun Sumber.

Sebelumnya mulai BPD, RT, dan kepala dusun memang mendatangi rumah kepala desa untuk mempertanyakan pengurukan jembatan penghubung antar dusun akan tetapi beliau tidak dirumah dan saat dikonfirmasi melalui Whats app serta sms tidak ada jawaban dari kepala desa sampai saat ini.

Masyarakat dusun sumber meminta agar di buntu total namun hanya dipersempit supaya truk besar tidak bisa masuk selama itu tidak ada kejelasan.”Tutur Jupri

Dahulu warga dusun sumber sudah susah payah meminta bantuan dari program PNPM justru dari pemerintahan desa delik sumber tidak ada perawatan jembatan penghubung antar dusun sampai saat ini. Masyarakat mengira pembongkaran jembatan pada (27/05/2018) nantinya akan diperbaiki namun bukan diperbaiki malah dibongkar dan diuruk, sedangkan gorong – gorong tersebut berfungsi sebagai penyeimbang banjir.

Masyarakat dusun sumber berharap agar jembatan penghubung antara dusun agar segera dikembalikan seperti semula.”Pungkasnya.(dik)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here