Kirab Budaya Grebeg Pancasila di Kota Blitar 2018

0
72

Blitar, Sinar Pos

Grebeg Pancasila merupakan upacara budaya yang dilaksanakan setiap tahun di kota Blitar.Upacara ini untuk memperingati hari kelahiran Pancasila pada tanggal 1 Juni. Rangkaian acara Grebeg Pancasila dimulai dengan Bedhol Pusaka , kemudian tirakatan, dilanjutkan dengan upacara Budaya, kirab Gunung Lima dan di tutup dengan kenduri Pancasila.

Kirab Bedhol Pusaka dimulai hari Kamis 31/05 sekitar pukul 15.30 dari rumah dinas Wali Kota Blitar Jalan Sudanco Supriyadi. Iring – iringan diberangkatkan langsung Wakil Wali Kota Blitar Drs. Santoso, M.Pd.Rombongan pasukan kirab berangkat  dengan jalan kaki menuju kantor Wali Kota Blitar di Jalan Merdeka .

Kirab budaya ini diikuti sejumlah perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para unsur Forum Komunikasi Daerah (Forpimda) serta para budayawan dan tokoh agama serta tokoh masyarakat .

Barisan paling depan membawa kotak, replika Garuda dan  foto Presiden Pertama Ir.Soekarno. Kotak itu berisi  bendera merah putih dan teks pidato  Bung Karno. Rombongan paling belakang merupakan pasukan pembawa Pusaka dan Panji – Panji Pancasila.Pasukan pembawa Pusaka ini mengenakan pakaian warna merah putih.

Antusias masyarakat menyaksikan kirab budaya ini .Terlihat masyarakat berdiri disepanjang jalan yang dilewati peserta kirab.  Bahkan para wisatawan dari luar daerah datang ke kota Blitar untuk menyaksikan kirab budaya di malam itu. ” Setelah sholat teraweh di Masjid Agung Kota Blitar, kami sengaja pengin menyaksikan kirab budaya di kota Blitar malam ini, ” kata Muhammad Syukur , warga Tulungagung.

Wakil Wali Kota Blitar, Drs.Santoso, M.Pd mengatakan ,. Bedhol Pusaka ini merupakan suatu agenda Pemerintah Kota Blitar dalam mengawali Grebeg Pancasila.           Santoso menjelaskan ritual Bedhol Pusaka ini merupakan suatu tradisi yang harus dilestarikan. Sebab ini merupakan suatu salah satu tradisi kekayaan budaya yang ada di kota Blitar. Anak – anak muda dilibatkan dalam acara kirab budaya ini , diharapkan tradisi ini tidak punah. ” Kami berharap tradisi ini bisa langgeng, untuk itu  generasi muda nantinya bisa melestarikannya, ” ungkapnya.

Usai Grebeg Pancasila dilanjutkan dengan kirab gunungan hasil bumi, dari alun – alun diarak warga kota Blitar dan sekitarnya menuju Makam Sang Proklamator  Bung Karno. Tengah malamnya diadakan kenduri Pancasila di kawasan Makam Bung Karno .” Tiap tahun kami memperingati hari lahir Pancasila dengan mengadakan seperti ini.Kami mengadakan tirakatan , berdoa bersama agar kota Blitar selalu diberi keamanan dan rejeki, ” Kata Wakil Wali Kota Blitar  Santoso.(Har).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here