PAGELARAN SEDEKAH DESA, DESA BELOH DI PUNDEN SEJARAH SUMUR SAKTI GAJAH MADA

0
58

Mojokerto, Sinar Pos

Perlu di ketahui masyarakat desa Beloh , kecamatan Trowulan , kabupaten Mojokerto , mengelar sedekah desa untuk memegang teguh tradisi leluhur yang di adakan tiap tahun dan rasa syukur nikmat yang telah diberikan kepada TUHAN YANG MAHA ESA.

Atas segala nikmat yang telah di peroleh , termasuk hasil bumi dan lain Рlain acara pagelaran ruwat dusun ini sangat meriah dilaksanakan hari sabtu tanggal 5 may 2018 , ada beberapa acara yaitu di antaranya kirab budaya Majapahit  beragam pakaian adat Majapahit , tumpeng , gunungan hasil bumi dan lain- lain dengan strat di balai desa beloh keliling desa menuju punden keramat sejarah sumur sakti GAJAH MADA ( Mojokerto).

Acara di ikuti ratusan warga Beloh RT maupun RW dan sampai puncak acara pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang di gelar di punden sejarah sumur sakti GAJAH MADA , Dengan semangat masyarakat sangat gembira menikmati acara sedekah desa ini.

KARTONO selaku kepala desa Beloh menyampaikan trimakasih kepada panitia penyelengara sedekah bumi ini , dam masyarakat Beloh yang mengikuti acara ini dengan sangat meriah.

Bawah sedekah desa ini yang tiap tahun kami laksanakan untuk rasa syukur kepada tuhan yang maha esa dan para leluhur yang babat alas desa Beloh, dengan sengaja sedekah bumi ini kami tempatkan di punden sejarah sumur sakti GAJAH MADA ,sumber air yang sudah sekitar 1000 tahun lamanya, sumber air yang dulunya di pakai patih GAJAH MADA mandi dan lainya ,dan sumur ini yang telah menghidupi penduduk zaman Majapahit hingga Mojokerto.

Sedekah bumi ini kami laksanakan ,agar masyarakat desa Beloh menumpuk semangat persatuan dan kesatuhan dan meningkatkan tali silaturrohmi.(Ifa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here