KOLABORASI RAMADAN ETOSER JAKARTA DENGAN MASYARAKAT

0
83

Jakarta, Sinar Pos

Hidup di lingkungan masyarakat memiliki seni tersendiri. Sebab, masyarakat terdiri dari banyak orang yang memiliki karakter yang berbeda-beda. Oleh karena itu, diperlukan cara khusus agar masyarakat dapat menerima kehadiran kita bersama mereka.

Hal itulah yang disadari betul oleh para penerima manfaat Etos Jakarta (Etoser Jakarta). Etoser Jakarta terdiri dari beberapa mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan tinggi di Universitas Indonesia. Mereka tinggal di sebuah asrama yang berada di lingkungan masyarakat. Tak hanya melakukan aktivitas untuk kepentingan pribadi, Etoser Jakarata berusaha membangun kedekatan dengan masyarakat di lingkungan asrama mereka. Salah satunya dengan cara membangun Taman Baca Masyaakat bernama TB KABAIM.

Berkat adanya TB KABAIM, anak-anak di lingkungan Etoser Jakarta disibukkan dengan kegiatan postif seperti membaca dan belajar bersama. Di bulan Ramadan, Etoser Jakarta juga memiliki kegiatan kolaborasi bersama masyarkat. Mereka berkolaborasi dengan Karang Taruna melakukan kegiatan Ngabuburead bersama TB KABAIM.

kegiatan Ngabuburead ini merupakan bentuk pendekatan kami terhadap pemuda karang taruna di sini. Tanggapan mereka sangat baik, bahkan untuk menggerakkan adik-adik dari 5 RT kami tak perlu turun tangan karena mereka yang ambil bagian. Kami harapkan semoga kolaborasi kebaikan seperti dapat terus dilakukan oleh Etoser-Etoser Jakarta selanjutnya.” kata Reza sebagai ketua panitia.

Kegiatan Ngabuburead bersama TB KABAIM dilakukan di Mushollah dekat asrama Ikhwan Etoser Jakarta pada 20 mei 2018. Kegiatan ini tak hanya dilakukan oleh Etoser dan Karang Taruna daerah Etoser, tetapi juga dihadiri oleh beberapa relawan yang berasal dari beberapa daerah di Jabodetabek.

Sebanyak 30 anak hadir untuk mengikuti rangkaian kegiatan Ngabuburead. Mereka dibagi kedalam beberapa kelompok, dimana setiap kelompok didampingi oleh dua orang pendamping yang berasal dari Etoser dan relawan. Terdapat beberapa pos yang harus mereka lewati, antara lain pos dongeng, kelas kreativitas, kelas mengaji, game bahasa inggris dan praktek shalat.

Seluruh kegiatan berjalan lancar dan seru, para peserta dan panitia larut dalam keceriaan dan keseruan. Kegiatan Ngabuburead ditutup dengan buka bersama dan shalat berjamaah.(Pradila Maulia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here