GEJOLAK GERAKAN PELAUT BERSAMA PPI (PERGERAKAN PELAUT INDONESIA)

0
213

Banyuwangi, Sinar Pos

Selasa (29/5/2018) guna mensosialisasikan pergerakan pelaut indonesia (ppi) yang bersekretariat di jln.gatot  subroto perumahan wiradata beac b-10 kelurahan bulusa,kec. Kalipuro,kab. Banyuwangi.yang di pelopori oleh segenap pengurus ppi di banyuwangi,yang mana telah di sampaikan oleh ketua ppi karisedenan besuki selat bali -selat lombok banyuwangi mengatakan,pelaut itu pekerja,abdi negara,pelayan transportasi atau penjaga kedaulatan NKRI di wilayah perbatasanindonesia.di sela waktu dan sepak terjangnya PPI terus  berjuang guna mengangkat harkat martabat pelaut indonesia di saat kami mewawancarai  Bpk EDI SUSANTO( ketua ppi) di pelabuan tanjung wangi yang tengah mensosialisasikan bahwa pelaut di negeri ini belum di akui secara kepropesianya karena KTP nya  saja masih berstatus wira swasta itulah bukti bahwa pelaut masih di anggap tiada di negara ini.

Dan belum lagi masalah  yang lain seperti kesejahteraan, keselamatan, keamanan dan jaminan sosial lainya.sedangkan menjadi pelaut itu harus berstandart internasional itu di nilai dari sertifikat dan klasifikasinya, jelasnya.

Para pelaut seharunnya bersyukur dan mengerti di karenakan pemerintah sudah meratifikasi UU NO 15 TH 2016 tentang ketenaga kerjaan maritim,yang mana selama ini di negara kita yang sudah merdeka aturan itu belum pernah ada, jadi pelaut harus tetap memiliki harapan kedepanya karena aturanya sekarang sudah ada tinggal menunggu aturan tehnis di lapangan baik peraturan pemerintah maupun peraturan menteri yang membidanginya.

Terakhir kata yang di sampaikan pada pertemuan bagi pelaut penangkap ikan dan pelaut niaga di pelabuhan tanjung wangi adalah pelaut bisa memiliki jaminan keselamatan,keamanan dan kesejahteraan pelaut dan keluarganya.untuk mencapai itu seharusnya pelaut harus berserikat dalam asosiasi pelaut agar bermartabat. Jelasnya (Haris).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here