WARGA DESA PEKUWON MENGELAR KIRAP BUDAYA SEDEKAH BUMI

0
193

Mojokerto, Sinar Pos

Sedekah bumi adalah upacara adat sebagai bentuk rasa syukur masyarakat kepada tuhan karena bumi yang di pijak menjadi sumber kehidupan bagi kita, acara sedekah desa di gelar dua hari mulai tanggal 5 may 2018 dengan menggelar pagelaran wayang kulit yang bertempat di pendopo desa Pekuwon kecamatan Bangsal kabupaten Mojokerto.

Pada tanggal 6 may 2018 di adakan kirap budaya dengan ogo- ogo.  Hasil bumi , bermacam-macam, pakaian adat Mojopahit. Acara di hadiri camat Bangsal , koramil Bangsal , perangkat desa Pekuwon , tim pengerak PKK , BPD ,dan masyarakat desa Pekuwon hadir juga ibu camat Bangsal, mengikuti kirap dengan berpakaian adat.

IMAM SYAFI’I, ST kepala desa Pekuwon memyampaikan rasa trimakhasi kepada undangan dan panitia penyelenggara acara ini. Bahwa sedekah bumi adalah tradisi orang jawa yang di sebut juga ” BERSIH DESA” pada bulan apit dalam kalender jawa yaitu sebelum memasuki bulan besar, tujuan sedekah bumi dan manfaatnya yaitu 1) tujuan utama bersih desa adalah membersikan desa dari aura negatif tetapi juga memiliki dua dimensi makna yaitu bersih lingkungan dan bersih jiwa masyarakatnya. Melalui rituwal sedekah bumi ini jiwa masyarakat di bersihkan seperti IRI , DENGKI, JAHAT, dari berbagai perbuatan buruk lainnya. Sedekah bumi mestinya juga di manfaatkan untuk membuat lingkungam menjadi bersih dan sehat.

Melalui sedekah bumi lingkungan dan jiwanya juga di bersihkan , tumindaknya tidak lepas dari ajaran agama , tidak IRI dengan rejeki orang lain, selalu menolong sesama tanpa pamri.

2) menumpuk semangat persatuan dan kesatuan, prosesi sedekah bumi biasanya mendatangkan hiburan kesenian seperti wayang kulit DLL, dari sana masyarakat berbondong-bondong menyaksikan dan mengikuti prosesi tidak membedakan status sosial semuanya memanjatkan doa dan harapan bersama, karena itu ke utuhan NKRI harus di letakkan di atas kepentingan pribadi dan golongan, beda pendapat , gambar, dan kaos boleh tapi jangan sampai merusak NKRI.

3) meningkatkan tali silaturrohmi. Dengan sedekah bumi semua masyarakat tumpah ruah dalam satu semangat ,mereka sama, sama menginginkan agar lingkungannya di hindarkan dari balak , musibah dan penyakit atau azab , berkumpulnya semua elemen masyarakat dalam tradisi sedekah bumi membuat tali silaturromi semakin meningkat.(Ifa/Har)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here