NGURI NGURI KEBUDAYAAN JAWA, CV PUTRA PUNDEN CORP LESTARIKAN KESENIAN TAYUB DAN JARANAN

0
124

Nganjuk, Sinar Pos

Jum’at (27/04/2018) CV. Putra Punden Corp yang beralamatkan di Desa Lumpang Kuwik Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk ini, sangat peduli terhadap masyarakat tak hanya pada bidang ekonomi kerakyatan saja. Namun, kepedulian perusahaan pimpinan Sunariyono ini juga sangat peduli dengan kebudayaan dan keseniaan seperti Tayub juga Jaranan.

Seperti halnya yang dilakukan pada kesempatan kali ini, CV. Putra Punden Corp bersama Putra Nasdem Kabupaten Nganjuk dan ratusan warga Desa Lumpang Kuwik, Kecamatan Jatikalen menggelar tayuban dan jaranan dalam rangka bersih desa atau ruwat desa Lumpang kuwik. Tradisi ini kerap digelar sebagai wujud syukur warga terhadap bumi (desa) yang ditempati.

Pimpinan CV. Putra Punden Corp, Bapak Yono sekaligus putra Nasdem  mengatakan keterlibatan perusahaan dan komunitas yang di pimpinnya di tradisi masyarakat lokal ini sebagai bukti terhadap kearifan lokal masyarakat setempat seperti pelestarian budaya dan kesenian tradisional,yang cenderung agak punah.

“Kesenian tayub dan jaranan saat ini agak kurang di lestarikan di daerah Kabupaten Nganjuk, oleh sebab itu kami membuktikan bahwa bila kami peduli terhadap budaya lokal,dengan menggelar tayub dan jaranan,seperti yang kami lakukan di Desa Lumpang Kuwik ini, kami menggelar jaranan dan tayuban ini bersama warga untuk melakukan bersih desa agar kesenian Jawa ini tidak punah. “ungkap pria yang akrab di sapa mbah Yono itu, Jum’at (27 April 2018).

Dalam bersih desa yang digelar di Punden desa setempat itu, ungkap mbah Yono, warga membuat gunungan tumpengan terdiri dari buah, sayuran, palawija, dan kesemuanya hasil bumi. Tak tanggung-tanggung ada sekitar ratusan tumpengan kecil yang disajikan,dan warga antusias selalu menghadiri setiap tahunnya.

“Setiap warga membawa 1 buah tumpeng. Ini bukti bila warga peduli terhadap adat Jawa yang di lakukan setiap tahunnya  dalam rangka bersih desa atau yang lebih di kenal NYADRANAN,.” lanjutnya.

Setibanya di Punden, gunungan tumpeng ini digelar dan didoakan terlebih dahulu oleh sesepuh desa sebelum diserbu ratusan warga desa setempat yang telah menanti di Punden yang juga bertepatan di sebelah kantor CV. Putra Punden Corp.

Saat di temui awak media Sinar Pos Bapak Sunariyono juga mengatakan, tradisi seperti bersih desa ini agar bisa  mengajarkan kepada generasi muda tentang pentingnya menghormati alam yang diwujudkan dalam tumpengan yang berisi hasil bumi.

Selain itu, keterlibatan CV. Putra Punden Corp dan Putra Nasdem Nganjuk ini pun sekaligus untuk memperkenalkan pada masyarakat luas bahwa perusahaan maupun komunitasnya peduli terhadap kebudayaan dan kesenian tradisional terutama Jaranan dan Tayuban.

“Antusias warga sangat luar biasa. Melihat kegembiraan warga, kami pun merasa senang,apalagi jaranan Turonggo Wilis ini sudah sangat terkenal di wilayah Kabupaten Nganjuk dan Jawa Timur. “pungkasnya. ( Agung )

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here