Gatot Sulistiohadi, Kalau bicara Soal Profesionalisme Akan Tercakup Keterlibatan INKINDO

0
38

SURABAYA, SINAR POS – INKINDO Gelar  Musyawarah  Provinsi  X,  Jawa Timur (Jatim)  2018, dengan Tema “Bersama Inkindo  Menjadi Konsultan yang Profesional” di Surabaya Rabu (9/5).

Gubernur Jawa Timur, diwakili oleh Ir. Gatot Sulistiohadi  MM, Plt. Kepala  PUPR  Provinsi Jawa Timur, Menyatakan, INKINDO memperlihatkan profesionalisme, tidak memihak, selalu bersinergi dengan pemerintah, khususnya perencanaan men design proyek proyek.  Ini yang harus dilakukan jajaran pengurus inkindo untuk  melakukan  semua  kegiatannya, kegiatan pendanaan, . Kami selalu memakai jasa yang telah dilakukan Inkindo, apapun, kalau kita bicara soal profesionalisme akan tercakup  keterlibatan Inkindo dan Pemerintah daerah dan pemerintah pasti bersinergi tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPP Inkindo Jawa Timur, Ir. H. Darmadjaja, MM, MT, mengatakan, Kita ingin  menjadi konsultan yang professional,  karena sesuai  dengan Ad Art, kita dituntut profesionsl, Jadi kita berharap seluruh anggota Inkindo se Jawa timur bisa professional  karena billing rate itu sudah mulai tinggi ke PUPR, jadi kalau kita tetap stagnan tidak mengembangkan diri, kalau Pak ketua umum bilang kita jadi amatir, kita tidak bisa maksimal, tapi kalau kita professional maka yang akan terima bisa maksimal seperti itulah ujarnya.

Jumlah anggota Inkindo yang aktif  654, sedangkan tenaga ahli yang ada di Itakindo maupun Inkindo itu jumlah hampir 3.300 lebih yang punya sertifikat keahlian, jadi mulai tingkat keahlian muda, madia utama, berjumlah 3.300 lebih. Sertifikasi Inkindo bekerjasama dengan Itakindo tapi dibawah naungan LPJK, Asessor melatih mensertifikasi itu dari LPJK, dalam hal ini LPJKP karena kita kan ngurus SKA nya, sertifikat  keahliannya  adalah sertifikat muda, sama madya. Kalau utama kita di Nasional katanya.

“Semua anggota Inkindo sudah bersertifikat  untuk keahliannya, karena kalau kita tidak bersertifikat, tidak akan mendapatkan pekerjaan”  karena  syarat untuk mendapatkan pekerjaan, lelang  lelang itu yang anda ketahui  Ad Hock yang harus ber SKA,  SKA nya ya muda, madya ya ada yang utama seperti itu.”Insya Alloh yang 554 di jatim sehat semua, yang berklassifikasi kecil, menengah, besar itu sehat semua. Yang dikatakan sehat, ya mampu ber-operasional, tidak  ada peringatan dari kita sebagai asosiasi maupun  tanda anggotanya mati, jadi 654 tadi adalah betul betul tanda ke anggotaannya berlaku semua, diseluruh jatim ucapnya.

Kita berharap bersinergi dengan pemerintah, Perta, karena pemerintah dalam hal ini sebagai  Pembina dunia konstruksi khususnya dunia konsultan, jadi kita harus bersinergi. Kedua kebanyakan teman teman dan saya sendiri,  berpegang di  proyek proyek besar  pemerintah, kita hanya sedikit  paling 5% yang bekerja di Swasta, BUMN dan swasta yang lain, tapi ada anggota kami yang murni swasta itu tidak ada, hampir 95% di proyek pemerintah yang dananya  dari Pemkot, Pemkab, provinsi maupun APBN. Kalau terpilih kembali saya akan tetap memperkuat anggota, di jatim supaya tidak ada disparitas, di Surabaya ring satu dengan yang lain karena  disparitas itu timbul karena dari UMR pun kita di ring satu dengan teman teman  di Pacitan, di Banyuwagi berbeda jauh, Surabaya Gresik Sidoarjo itu berbeda jauh, Sidoarjo itu  Rp3.5 juta sekian,  sedangkan di Pacitan Banyuwangi hanya  Rp 1,7 juta,  itu yang kita  akan mening katkan marwah anggota di daerah supaya  bisa  lebih  dihargai dan disamakan tuturnya.

Dikatakan Ketua Panitia Pelaksana Dwi Agus Apriyanto  ST, Profesi sebagai konsultan  spesialis pengembangan wilayah dan kota, sebagai Ketua Panitia merasa bangga karena yang datang melebihi target dari semula 400, jadi hampir 500. Sebelum melaksanakan ini, sudah mengadakan sosialisasi kedaerah daerah, yang disebut dengan POP, POP  itu perwakilan organisasi provinsi, ada 8 perwakilan dari ujung timur sampai ke ujung barat Pacitan, Madiun dan sebagainya. Semua hadir, kami cek sendiri, tidak mau hanya terima laporan, karena setelah kami lakukan sosialisasi kedaerah, sehingga teman teman Inkindo di daerah daerah itu merasa memiliki. Merasakan di Uwongke oleh asosiasi, ini yang digalang terus menjadi asosiasi perusahaan yang kuat dan bisa mengayomi anggota, itu gambarannya ujarnya.

Tujuan saya jujur merasa sukacita dalam arti seluruh anggota Inkindo dari ujung barat sampai ke ujung timur hadir, Ke dua kehadiran DPP provinsi, hampir yang dikira ada 7, ternyata ada 14 orang, provinsi yang hadir saat ini, juga dihadiri oleh Ketua Umum Inkindo, ini yang yang jadi kebanggaan kami. Kedua ada diskusi panel yang dihadiri  Bupati Bojonegoro periode 2008-2013, 2013-2018. Key note speakernya ada Rektor ITS, yang memberi gambaran ke anggota kami agar kami bisa membuka wawasan dari luar maupun Perguruan tinggi.  Ada pembicara dari pengusaha sendiri, Adi Prawito (sekretaris Inkindo).

Agenda Utama pemilihan Ketua, tapi yang berani maju hanya ketua yang lama (calon tunggal). Ir H.Darmadjaya  MM, MT untuk periode yang kedua.(2018-2023) tuturnya. (Nwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here