Meriahnya Perayaan Haflatul Imtihan di Ponpes Nurud Dzolam Campor

0
118

Bangkalan, Sinar Pos

Mendekati Bulan Ramadan, bagi sebagian masyarakat di beberapa daerah pedesaan dan menyeluruh se-Indonesia menantikan datangnya perayaan akhir tahun Sekolah Madrasah Diniyah, lebih dikenal dengan nama perayaan Haflatul Imtihan.

Beberapa sekolah madrasah di Ponpes selalu merayakannya dengan penuh gembira. Ponpes Nurud Dzolam diantaranya, di Desa Campor Kecamatan Konang Kab Bangkalan, Madura Jawa Timur.

Pelaksanaan Haflatul Imtihan terlaksana dengan sangat meriah. Dengan panggung megah disertai beberapa kegiatan.

Mulai dari lomba-lomba dari siswa serta pelepasan wisudawan-wisudawati dari siswa. Tak ayal, acara ini menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat umum, dan Campor khususnya.

Bahkan banyak dari masyarakat keluar kota untuk bekerja sengaja pulang kampung, supaya bisa mengikuti perayaan imtihan. Dalam acara imtihan, mereka akan menyaksikan sejumlah hiburan dari kegiatan-kegiatan imtihan.

Serta menjadikan ajang bertemu dengan tetangga, keluarga saat pelaksanaan imtihan. Di pelaksanaan imtihan Ponpes Nurud Dzolam tidak hanya hiburan, tapi pengajian dari para mubaligh serta tokoh masyarakat.

“Imtihan di  Nurud_Dzolam ini juga menggelar  acara Reuni para alumni PP. Nurud_Dzolam yang ke -.4,” jelas Asy’ari, salah satu alumni angkatan 1987 itu, Minggu (6/5/2018).

Dia menyebutkan beberapa kegiatan dengan berbagai kegiatan. Lomba jasmani dan rohani mulai dari jenjang pendidikan RA, MI, MTs dan MA di internal yayasan.

Serta pemilihan pengurus Ikatan Santri dan Alumni Nurud_Dzolam (IKSAND). “Ada juga pengajian umum yang di hadiri oleh KH.KHOLIL YASIN pengasuh pondok Assalafi Al Falah Al Choliliyah Kepang Bangkalan. Dan malam pelepasan siswa-siswi,” ungkap alumni th 87 itu.

Ia mengharapkan dengan pelaksanaan imtihanan adalagi perayaan bagi seluruh siswa siswi di akhir tahun. Untuk pelepasan dalam pendidikan, menempuh jenjang selanjutnya pendidikan.

“Bagi kami perayaan haflatul imtihan penting sekali. Sekaligus menjadi ajang berkumpul seluruh masyarakat dan keluarga siswa dan mendapat ilmu agama dari pengajian yang kita laksanakan,” pungkasnya.(Syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here