Kepala SMKN 12 Surabaya, Berharap Bisa Jadi Barometer Sekolah Seni Di Indonesia

0
34

SURABAYA, SINAR POS –  Diwara Sakti Prajihara,  kepala SMKN 12 Surabaya menyatakan, Yang ingin dicapai dengan event ini, supaya anak anak yang akan lulus kelas 12 ini bisa dikenal oleh masyarakat luas sehingga nanti kalau ada yang  tertarik untuk membutuhkan, mungkin dari jasa  berupa jasa maupun produk  bisa diketahui masyarakat  sehingga  bisa di manfaatkan. Di semua lulusan.

Setiap jurusan ada 10 jurusan yang  pameran dan ada 5 jurusan pertunjukan, kalau jumlah karya tidak terhitung. Yang pameran itu jurasan GKJ, jurusan seni lukis, jurusan design interior, jurusan animasi, jurusan griya tekstil, griya logam, griya kayu, dan griya kulit ditambah tekhnik permesinan dan multi media. Untuk  Pertunjukan, ada seni tari, seni musik, theatre dan seni  pedalakan dan seni karawitan ujarnya.

Ini event tahunan, terselenggara sejak sekolah ini lahir tahun delapanpuluhan dan terbuka untuk publik. Kalau dulu sebelum berkembang segede ini ada pemilihan karya terbaik untuk koleksi sekolah, Kalau akhir akhir ini sudah tidak mungkin, karena  karya semakin banyak dan semakin bagus. Kita bisa lombakan design stan. Kalau lomba tidak pernah tidak ikut, semua ikut kejuaraan kita banyak sekali.

Karyanya setiap jurusan, setiap anak  kelas 12, jadi sebelum lulus harus punya karya, punya pameran, wajib.  Jumlah siswa  2.444 siswa, kalau yang kelas 12 sebanyak 705.katanya.

Yang jadi kendala, pertama biaya besar,  yang harus  kita keluarkan, yang kedua  waktu untuk pengerjaan karya itu kadang kadang  ada yang tidak cukup, sehingga ada beberapa karya yang belum jadi. Kedepan, dengan tampilan sekarang yang sudah seperti ini, merubah SMK 12 ini, satu satunya SMK seni di Jatim, harapan saya  bisa jadi barometer  sekolah seni di Indonesia  tuturnya. (Nwi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here