Gubernur Jatim Resmikan Gedung Vidya Loka di UKDC

0
282

SURABAYA, SINAR POS — Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC)  Bersama Pak De Karwo ( Sapaan akrab Gubernur Jatim) meresmikan Vidya Loka Gedung Barat UKDC, Jumat (27/4) di  jl Dr Ir H Soekarno no 201, Surabaya.

Dalam acara peresmian tersebut juga digelar Seminar Nasional dengan tema Bhinneka Tunggal Ika. Adapun yang didaulat menjadi pemateri adalah Ketua Umum PBNU Said Agil Siradj, Wantimpres Mayjen Pol (Purn) Sidarto Danusubroto, dan Anggota DPR RI Eva Kusuma Sundari.

Ketua Yayasan Darma Cendika  RP Adrian Adiredjo OP, menyatakan Gedung baru UKDC terdiri dari 8 lantai. Gedung ini diharapkan dapat menunjang peningkatan kegiatan akademik dan ektraskurikuler. Gedung yang dibangun dengan dana sekitar 30 M rupiah ini, dilengkapi dengan fasilitas kafe dan lapangan basket indoor,” ujarnya.

Cikal baka Unika Darma Cendika bermula ketika sekelompok sarjana dan cendekiawan Katolik di Surabaya mendirikan Yayasan Darma Cendika, berkedudukan di Surabaya, pada 7 Nopember 1984. Yayasan ini bergerak dalam 3 bidang kegiatan, yaitu bidang pendidikan, kesehatan, dan sosial.

Tujuan dari pendirian Yayasan Darma Cendika adalah untuk membantu pemerintah meningkatkan derajat kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat dan Bangsa Indonesia dalam arti seluas-luasnya.

“Untuk merealisasi tujuan di atas, langkah pertama yang dilakukan adalah dengan mendirikan perguruan tinggi yang diberi nama Universitas Katolik Darma Cendika. Universitas ini memulai perkuliahannya secara resmi pada tanggal 1 September 1986. Selanjutnya tanggal ini ditentukan sebagai saat berdirinya Unika Darma Cendika. Operasional awalnya dulu di SMA Hendrikus Klampis,” terang Adrian Adiredjo.

Ijin operasional diperoleh dari Koordinator Kopertis Wilayah VII, No. 365/Q/1986, tertanggal 20 Juni 1986, dan ditingkatkan menjadi STATUS TERDAFTAR dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 0217/O/1987, tanggal 11 April 1987, berlaku untuk Fakultas Teknik (jurusan Teknik Industri dan Teknik Arsitektur), Fakultas Ekonomi (jurusan Manajemen dan Akuntansi) dan Fakultas Hukum.

Pada tahun 2002 semua program studi yang meliputi Ilmu Hukum, Arsitektur, Teknik Industri, Manajemen dan Akuntansi telah terakreditasi berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi.

Kini jumlah mahasiswa Unika Darma Cendika sekitar 700 mahasiswa dari tiga fakultas, yakni Fakultas Ekonomi, Hukum dan Teknik. Terdiri dari lima program studi, di antaranya akuntansi, manajemen, hukum, arsitektur dan teknik industri. Tuturnya.(Nwi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here