Metrologi Dan Kalibrasi Miliki Peran Penting Untuk Mutu Produk Industri Nasional

0
140

SURABAYA, SINAR  POS – Daya saing produk industri nasional harus selalu ditingkatkan dari waktu ke waktu.  Apalagi jika produk tersebut sudah menyasar ke pasar internasional. Untuk meningkatkan mutu produk nasional, metrology dan kalibrasi memiliki peran penting. Lembaga ilmu Pengetahuan (LIPI) melalui Pusat Penelitian Metrologi berupaya mendorong agar penerapan metrology dan kalibrasi bisa dilaksanakan di semua lini industry. Untuk menyososialisasikan tentang pentingnya kalibrasi dan metrology ini, LIPI menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Metrologi dan Workshop Kali9brasi dengan tema “Metrologi untuk Mutu Produk yang Lebih Bailk”. Di Surabaya (24/4).

Deputi Bidang jasa Ilmiah LIPI, Mego Pinandito, mengatakan bahwa pusat penelitian Metrologi secara konsisten dan berkelanjutanmelaksanakan dan memanfaatkan seluruh sumber daya yang dimiliki demi terciptanya kondisi SNSU yang terpelihara dengan baik. Sebab, SNSU menjamin ketertelusuran pengukuran nasional ke standar internasional. Artinya SNSU member dampak signifikan bagi peningkatan kualitas produk nasional.

“Terciptanya  kondisi pengelolaan SNSU yang baik akan berdampak maksimal kepada stakeholder apabila usaha usaha diseminasi terhadap nilai hasil pengukuran standard an pengetahuan tentang metrology ini dilaksanakan secara luas dan penyelenggaraan sosialisasi dan workshop kali ini tentu menjadi penting”, ujar Mego.

Menurut Mego, kegiatan sosialisasi metrologi dan workshop kalibrasi tersebut akan banyak memberikan pencerahan kepada masyarakat industri  dan praktisi pengukuran yang masih belum mengerti sepenuhnya tentang metrology, khususnya mengenai konsep ketertelusuran pengukuran. Di sisi lain, kegiatan itu juga akan meningkatkan pengetahuan masyarakat industri  tentang peran penting metrology/kalibrasi peralatan ukur dalam menentukan mutu prduk industry nasional. Selain itu aplikasi sertifikat kalibrasi dalam proses pengukuran dan masalah teknis yang terkait dengan metrology dan kalibrasi juga menjadi bahasan utama.

Mego katakana, selama ini masih temuan kesalahan kesalahan mendatar terkait dengan kegiatan pengukuran yang dilakukan di industri yang berdampak pada masih rendahnya mutu produk yang mereka hasilkan. “Inilah yang perlu diedukasi secara bersama agar kualitas produk industry mampu bersaing di pasar nasional dan internasional”, sambungnya.

Sementara itu, PLT Kepala Pusat Penelitian  Metrologi LIPI, Ghufron  Zaid menambahkan bahwa sosialisasi dan workshop kali ini menjadi  salah satu upaya penting dalam meng edukasi industry agar mulai menerapkan metrology dan kalibrasi  dengan baik. “Dengan edukasi pengetahuan yang benar, maka manfaatnya adalah terjaminnya kebenaran hasil pengukuran yang yang dilakukan oleh praktisi pengukuran nasional, terjaminnya ketertelusuran hasil pengukuran nasional  ke standar internasional, meningkatnya pemahaman metrology oleh masyarakat industry, instansi/dinas pemerintah daerah, perguruan tinggi dan stakeholder lainnya.” Tuturnya. (Nwi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here