Pak De Karwo, Ada 90.000 Lowongan Tenaga Kerja yang Gak bisa Diisi Karena Kompetensi

0
125

SURABAYA SINAR POS –  Kemendiknas jawa timur menggelar rapat koordinasi  Kepala SMA Negeri dan Swasta se jawa timur tahun 2018 di Hotel Mercure Mirama  Surabaya Senen (23/4).

Gubernur Jawa Timur DR H Soekarwo Mengatakan kepada Wartawan,  Rencana dari program door track strategi mengisi  kekosongan dari  proses industrialisasi di jatim. Ada 90.000 tenaga kerja  yang gak bias di isi karena kompetensi, ini  Pak Syaiful Rakhman (Diknas Jatim) dengan teamnya  dewan pendidikan mengambil konsep Link and Mates antara pendidikan dan  lowongan tenaga kerja, ini bagian penting  melakukan re konstruksi  pendidikan dihadapi jatim tahun 2018 ini sudah US$ 4.150.- diatas rata rata di lower  dan  upper middle income, di 2019 sudah US$ 4.481.- itu problem SDM berdaya saing, problem serius. Ujarnya.

Tahun ini Masih ada kurang lebih 800.000 tenaga kerja yang nganggur, 3,9% , memang dari persentase ini sangat rendah, standard internasional. Aman itu 4%, kita masuk disitu. Tapi bukan  perkara aman dari proses pengangguran, tapi   memberikan 90.000 tenaga kerja gak diisi  karena  lowongan tenaga kerja dengan kemampuan tenaga kerja kita tidak link and mate.

SMA  diberikan pilihan, silahkan memilih satu  hari, dari  9 pilihan tadi, dia bisa memilih tataboga, dia diberikan “ extra kurikuler. Untuk itu, tapi diarahkan ke vokasional”.

Bencana yang besar adalah US$.4.481.- itu kalau tidak diikuti oleh daya saing yang bagus KITA TURUN, karena proses produksinya terhambat, tidak ada tenaga disitu, kalau proses produksi tumbuh rata rata dibawah pertumbuhan, kita pada posisi degragatif  terhadap pembangunan.

SMA akan terselesaikan, SMK tahun ini RP300 milliar menyiapkan tempat tempat pelatihan, kita memang kurang, itu solusi sementara  yang harus kita lakukan, karena swastapun harus ber antisipasi.  Maka 14 perusahaan Jerman  ada  21 perusahaan PMA, ada  Samsung 20 SMK, BJB ada 12, itu two link and mate nya disitu. Sehingga BJB masuk pada arus lemah, karena arus kuat.

Mengenai kesejahteraan guru SMA, itu kalau masuk proses BLU, dia bangun sendiri, untuk  aktifitas managemen yang dilemparkan oleh dinas pendidikan, Pada saatnya SPP mau dikurangi. Nanti kalau ada yang daftar, nanti jadi practices, BLU itu jawaban terhadap  perkembangan, itu terjadi stimulasi, terhadap inovasi,

Untuk kebutuhan lebaran, Jatim men supply 16 provinsi, jatim hanya kekurangan bawang putih dan kedelai saja. Pemerintah pusat impor bawang putih 52.000 tons tutur Pak De Karwo. (Nwi).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here