Desa Ketandan Gelar Rangkaian Bersih Desa, Hormati Budaya, Leluhur Dan Sang Pencipta

0
60

Nganjuk, Sinar Pos
Seluruh elemen masyarakat Desa Ketandan, kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk, hari ini Minggu (15/4/2018) . Tumpah ruah di jalan desa guna menghormati leluhur dan melaksanakan kegiatan rutin tahunan bersih desa dimana desa merupakan tempat kita tinggal dan menikmati hasil bumi dari berkah Sang Penciptanya.

Arakan tumpeng yang berisi hasil bumi diarak mengelilingi Desa Ketandan menuju makam sesepuh atau biasa disebut orang jawa (orang yang babat alas desa tersebut). “Setiap tahunya peringatan Bersih Desa Ketandan dimulai dari nyadran ke tempat makam sesepuh yang dipercaya masyarakat setempat sebagai Akal Bakal Cikal desa Ketandan, yang biasanya di laksanakan setiap tahunnya setelah musim panen tiba”, ungkap Saji kepala Desa Ketandan kepada awak media.

“Bersih desa merupakan wujud syukur masyarakat kepada sang Pencipta yang telah memberikan nikmat dari Hasil Bumi, dan tumpeng merupakan gambaran dari hasil bumi yang talah kita dapatkan untuk di bagi bagikan kepada sesama” Imbuhnya.

Tidak hanya itu, pada malam hari di balai desa Ketandan akan diadakan tayub. “Semua itu untuk hiburan warga mas.” Tegas Saji (agung)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here