Diduga Curi Ratusan Kayu Sono Milik Perhutani Seorang Tersangka Diamankan

0
44

MADIUN SINAR POS – Tertangkap basah membawa atau mengakut kayu sono tanpa bisa menunjukkan dokumen yang sah oleh Petugas dari Polres Madiun, Jawa Timur seorang warga Kabupaten Madiun diamankan

AKP Sumantri,┬áKasubag.┬áHumas Polres Madiun pada wartawan mengatakan, tersangka adalah Heri Purnomo warga Desa Slambur, Kecamatan Geger, Kabupaten Mdiun.”Petugas terpaksa mengamankan tersangka karena tidak dapat menunjukkan dokumen atau surat yang sah dari ratusan kayu yang diangkutnya,” ungkap Sumantri.

Kayu – kayu tersebut adalah hasil pencurian kayu yang diduga milik Perhutani, penangkapan bermula dari kecurigaan petugas saat tersangka melintas di Jalan Raya Madiun-Ponorogo.

Saat itu terdapat tiga unit kendaraan yang melintas beriringan. Yakni truk, kijang, dan pikap. Ketiga kendaraan terebut berjalan tidak wajar hingga kemudian dilakukan penyetopan dan pemeriksaan.

Sayangnya, sopir dari dua kendaraan lain melarikan diri saat dilakukan pemberhentian dan pemeriksaan. Sedangkan tersangka tidak sempat melarikan diri hingga akhirnya diperiksa polisi.

Saat diperiksa, polisi menemukan ratusan batang kayu sono di bak truk yang dikemudikan tersangka yang tidak dilengkapi dengan surat izin yang sah.”Dari tersangka polisi berhasil mengamankan sekitar 243 batang kayu sono dengan kerugian negara sekitar Rp12,5 juta,” kata dia.

Untuk tindakan selanjutnya, tersangka dan barang bukti berupa ratusan batang kayu sono dan kendaraan pengangkut diamankan di Mapolres Madiun guna proses penyidikan lebih lanjut. Polisi juga masih melakukan pengejaran terhadap dua sopir lainnya yang melarikan diri.

Atas tindakannya, Heri Purnomo dijerat dengan undang-undang tentang pencegahan dan perusakan hutan dengan ancaman pidana penjara selama lima tahun dan denda maksimal Rp2,5 miliar. Polisi masih memburu tersangka lain dan dugaan kasus pencurian kayu sono milik perhutani ini.(Lies)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here