Polsek Simokerto Amankan Razia KTP Di Rumah Kos

0
77

Surabaya,- Sinar Pos

Untuk menertibkan data kependudukan, Kapolsek Simokerto Kompol Masdawati Saragih, SH.MH didampingi Kasi Trantip Kec. Simokerto, Kanit Binmas, dan Babinsa Koramil 0831 Simokerto dan staf Kec. Simokerto. Menggelar razia Kartu Tanda Penduduk (KTP) di wilayah Polsek Simokerto tempat kos Jalan Tambak laban 45, jalan Tambak Laban 20 dan Tambak Adi 2 Surabaya pada hari Rabu, (28/3/2018).

Kapolsek Simokerto Masdawati Saragih,SH.MH mengatakan, Pihak mendampingi guna memberikan pengamanan pada petugas saat digelarnya Razia KTP (Identitas) dengan sasaran rumah kontrakan dan kos – kosan. “Dalam pelaksanaannya, Petugas gabungan mendatangi setiap pintu dan memberikan penjelasan terkait razia tersebut. Kita terus melakukan pengawalan terhadap petugas yang melakukan razia,” kata Perwira Melati Satu dipundaknya.

Masdawati menjelaskan, Setelah dilakukan razia di lapangan, mereka yang terbukti tidak memiliki identitas sesuai dengan perda yang ada, Akan diberikan pembinaan dan pengarahan. Namun jika terbukti sudah beberapa kali melakukan pelanggaran akan dilakukan sidang Tindak Pidana Ringan (tipiring) ditempat. “Kebanyakan dari penghuni kontrakan maupun kos – kosan yang terjaring adalah warga pendatang, atau bukan warga Kecamatan Simokerto yang tanpa memiliki izin tinggal dari kelurahan,” Tutur Masdawati.

Berbagai alasan pun disampaikan, Lanjut Kapolsek Simokerto Masdawati, Sebagian mereka beralasan baru saja tinggal, hanya ikut saudara, menunggu panggilan untuk bekerja dan sebagainya. Para warga yang tidak memiliki KTP dikumpulkan di Kelurahan dan dilakukan pendataan terkait tidak memiliki surat izin tinggal.

Dijelaskannya, kepada warga pendatang tentang pentingnya KTP bukan hanya sebagai identitas diri, tetapi juga dapat digunakan untuk mencari kerja.

Warga yang terjerat operasi KTP ini hanya diberi sosialisasi dan jika mereka kembali terjaring akan dilakukan sidang tindak pidana ringan. Razia ini rencananya akan dilakukan secara berkala dan dilakukan secara mendadak.“Kegiatan penertipan cek KTP (Identitas) penghuni Petugas tidak menemukan barang berbahaya seperti Senpi, Sajam, dan Narkoba, obat terlarang dan lain – lainnya,” kata Mantan Kasitipol Polrestabes Surabaya ini.(Abd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here