Dinkes Sidoarjo Advokasi Masyarakat Hidup Sehat

0
33

Sidoarjo, – Sinar Pos

Kesadaran masyarakat tentang pola hidup sehat terus ditingkatkan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, salah satunya dengan melakukan pendampingan atau advokasi untuk menuju Sidoarjo Mandiri, Sehat dan Berkeadilan. Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo mengundang para Camat, Kepala Puskesmas, Kepala KUA (Kantor Urusan Agama) dan Kordinator Pendamping Desa (KPD) tingkat Kabupaten, mereka ini dilibatkan dalam program advokasi pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan, Selasa, (27/3) bertempat di Gedung Delta Graha Pemkab Sidoarjo.

Nantinya para camat, Kepala Puskesmas, Kepala KUA dan Koordinator Pendaping Desa akan diberi pemahaman sebelum terjun ke masayarakat, dan apa saya yang harus mereka lakukan dalam melalukan advokasi/pendampingan dibidang kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Saiful Ilah berpesan agar pelaksanaan advokasi pemberdayaan msyarakat bidang kesehatan bisa dilaksanakan dengan maksimal, tingkat kesehatan masyarakat harus meningkat seiring dengan cepatnya pertumbuhan ekonomi Sidoarjo.

Menurut Saiful Ilah,” jumlah penduduk Sidoarjo semakin hari semakin bertambah padat, program integrasi kesehatan lintas sektor memang harus sudah dilakukan agar tetap terjaga pola hidup sehat, dengan begitu kemandirian masyarakat mudah terwujud”, ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Sidoarjo Ika Harnasti memberikan garis besar tujuan dari kerjasama lintas program dan lintas sektor dalam penanganan bidang kesehatan ini, diantaranya adalah meningkatnya pengetahuan pengambil keputusan, meningkatnya peran serta pengambil keputusan dan meningkatnya pengintegrasian program kesehatan.

Menurut Ika, diharapkan setelah mengikuti program advokasi pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan ini pemahaman mereka bisa lebih meningkat lagi dan yang lebih penting lagi menurut Ika terwujudnya “Program Peningkatan Perilaku Hidup Sehat” di setiap instansi pemerintah mulai di tingkat kabupaten hingga tingkat desa.

“Kerjasama lintas sektor dan lintas program ini tujuannya adalah penintegrasian program kesehatan dalam melakukan advokasi atau pendampingan supaya terjadi peningkatan kesehatan secara merata diwilayah kabupaten Sidoarjo. Meski secara umum Sidoarjo sudah baik dari bidang kesehatannya namun program peningkatan harus dilakukan, selain karena amanah UU, Sidoarjo juga punya taget tahun 2018 menjadi Kabupaten yang Mandiri, Sehat dan Berkeadilan”, terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Ika Harnasti. (Znr/kominfo).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here