Bayar IMB di Sidoarjo Kini Bisa dengan E-Payment

0
68

Sidoarjo, – Sinar Pos

Kerjasama dengan Bank Jatim Cabang Sidoarjo dan beberapa bank BUMN seperti BRI, BNI dan Mandiri Pemerintah Kabupaten Sidoarjo memberikan fasilitas kemudahan dalam transaksi pembanyaran IMB (Ijin Mendirikan Bangunan) menggunakan system Non Tunai. Mulai hari ini, Senin, (26/3) DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu) kabupaten Sidoarjo menerapkan pembayaran IMB  non tunai dengan system E-Payment.

Tujuannya memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran IMB, cukup bawa ATM atau kartu kredit, yang lebih penting lagi lebih aman karena tidak perlu lagi membawa uang cash. Transaksi dengan E-Payment tidak ada pembatasan nilai transaksi.

Seperti yang disampaikan Kepala DPMPTSP Ari Suryono saat melaunching IMB E-Payment bersama dengan Kepala Cabang Bank Jatim Sidoarjo Hariani dan perwakilan dari beberapa Bank yang ikut kerjasama.

“E-Payment Tujuannya  adalah memberikan kemudahan dalam transaksi pembayaran IMB, dan yang pasti lebih aman karena tidak perlu lagi membawa uang cash” ucap Ari.

Bank Jatim Cabang Sidoarjo selaku mitra kerjasama dari DPMPTSP yang menyediakan server E-Payment dan sejumlah EDC (Electronic Data Capture) siap membantu dan memfasilitasi tambahan alat bila diperlukan.

“Untuk transaksi IMB e-payment bukan hanya bank jatim saja, bank lain seperti BNI, Mandiri dan BRI juga bisa dilakukan transaksi”, terang Kepala Cabang Bank Jatim Sidoarjo Hariani.

Di Jawa Timur, menurutnya mengurus IMB dengan system e-payment baru ada di Sidoarjo saja.

Tjandra Sundjaja dari PT Mega Jasa Semesta yang sedang mengurus IMB baru perumahan di Desa Suko, Kecamatan Kota,  Sidoarjo menjadi orang pertama yang mencoba melakukan transaksi IMB e-payment.

“Kebetulan saya juga nasabah Bank Jatim, sehingga bisa langsung pakai ATM saat membayar retribusi IMB,” ujar pria asal Nganjuk itu usia transaksi.

Hanya beberapa menit, Tjandra sudah dapat bukti pembayaran yang beberapa saat berikutnya disusul pemberian SK dari pihak Dinas. Menurutnya membayar dengan e-payment jauh lebih aman dan cepat jika dibanding membayar tunai.

“Sekarang tidak lagi khawatir saat akan membayar IMB karena tidak perlu lagi membawa uang cash”, ungkap Tjandra. (Znr/kominfo).

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here