BANYAK ALAT PERAGA KAMPANYE SALAHI ATURAN DITERTIBKAN PANWASLU MADIUN

0
159

MADIUN SINAR POS – Pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) Kota Madiun banyak sisoroti dan dilaporkankan warga, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Madiun  terpaksa harus turun tangan menertibkan APK milik KPU Kota Madiun yang dipasang di dekat gedung sekolah dan kantor kelurahan.

Kokok Heru Purwoko, Ketua Panwaslu Kota Madiun, pada wartawan mengatakan APK Pilkada Kota Madiun 2018 tersebut sebelumnya dipasang di dekat gedung SMAN1 Kota Madiun Jl. Abdurrahman Saleh, dekat Kantor Kelurahan Kejuron, dan dekat SDN 1 Taman Kota Madiun. “Panwaslu telah menerima laporan dari masyarakat tentang adanya pemasangan APK yang menyalahi aturan. Setelah kami cek, ternyata benar dan harus ditertibkan,” Ungkap Kokok.

Kokok menambahkan bahwa pemasangan APK harus sesuai dengan SK KPU No. 13 tahun 2018 tentang Penetapan Jadwal, Tempat Kampanye, dan Lokasi Pemasangan APK Pilkada Jatim dan Pemilihan Wali Kota Madiun.

Dalam SK tersebut tertuang larangan pemasangan Alat Peraga Kampanye didekat Sekolah, tempat ibadah dan kantor pemerintah. “Temuan APK di tiga titik tersebut bertentangan dengan aturan KPU tentang larangan memasang APK di area sekolah dan kantor pemerintah,” tambahnya

Namun Ia menjelaskan bahwa sebenarnya pemasangan APK tersebut dilakukan oleh pihak ketiga. Tapi KPU setempat seharusnya melakukan pendampingan agar APK yang ada dipasang di lokasi yang tepat sesuai dengan aturan yang berlaku. “Bisa saja pihak ketiga yang memasang APK itu teledor. Tapi saat memasang itu seharusnya didampingi oleh perwakilan KPU. Sehingga jelas, lokasi-lokasi mana saja yang boleh dan tidak boleh,” kata dia.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Madiun 2018 diikuti oleh tiga pasangan calon. Yakni, pasangan nomor urut 1 Maidi-Inda Raya (Mada) yang diusung koalisi lima parpol, yakni PDIP, Demokrat, PKB, PAN, dan PPP. Pasangan nomor urut 2 dari jalur perseorangan Harryadin Mahardika-Arief Rahman. Serta pasangan nomor urut 3 Yusuf Rohana-Bambang Wahyudi yang diusung koalisi Gerindra, PKS, dan Golkar. (Lies)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here