PRIA ASAL BANYUWANGI INI RAUP KEUNTUNGAN RP 1,3 MILIAR

0
69

Banyuwangi,- Sinar Pos

Polres Banyuwangi berhasil mengamankan seorang pelaku penipuan perekrutan CPNS di Pengadilan Agama, dengan nilai kerugian mencapai Rp 1,3 Miliar. Tersangka adalah Eko Setyo Pribadi (41) warga Jalan Ikan Lemuru I nomor 43 RT 02 RW 05 Kelurahan Tukangkayu, Kecamatan Banyuwangi kota.

Sementara yang menjadi korban dari aksi tersangka ini tercatat ada 13 orang yang bertempat tinggal di sejumlah wilayah di Banyuwangi, seperti di Kecamatan Glenmore, Kecamatan Srono, Kecamatan Genteng, Kecamatan Wongsorejo, Kecamatan Licin dan Kecamatan Banyuwangi kota.

Kapolres Banyuwangi, AKBP Donny Adityawarman dalam keterangan persnya, Senin (19/3) mengatakan, modus operandi yang di lakukan tersangka adalah dengan menjanjikan para korbannya untuk bisa masuk menjadi PNS di Pengadilan Agama Banyuwangi, dengan syarat harus menyerahkan sejumlah uang. “Tersangka menyatakan bahwa dia mempunyai kerabat di kantor Pengadilan Agama yang bisa membantu menerima karyawan sebagai PNS,” ungkap Kapolres.

Mendapati janji tersangka ini para korban pun tergiur hingga rela menyerahkan sejumlah uang dengan nilai beragam, ada yang Rp 20.000.000, Rp 52.000.000 bahkan Rp 175.000.000.
“Itu di buktikan dengan beberapa kwitansi yang kini di amankan kepolisian,” ujar Kapolres.
Namun setelah uang di serahkan, para korban pun tidak juga mendapatkan kepastian mengenai persoalan CPNS tersebut. Dan saat di tanyakan, tersangka selalu berdalih masih membutuhkan proses. Karena merasa tertipu, para korban itupun melaporkan ulah tersangka ke pihak kepolisian. “Aksi tersangka ini sudah di lakukan sejak tahun 2014 lalu tapi baru di laporkan oleh para korban di tahun 2018 ini, karena tersangka mengaku akan mengembalikan uang mereka,” papar Kapolres.(haris)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here