Sidang Eksepsi Pengadilan Negeri Tipikor, Tidak Berwenang Mengadili Kredit Macet Bank Jatim

0
163

Surabaya, Sinar Pos

Terdakwa kasus Tipikor KKP – E Desa Ketawang Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Sb (58) mengharapkan keadilan bagi diri dan warga desanya yang menerima bantuan program Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKP-E).

Pasalnya segala kerugian negara yang dituduhkan kepadanya telah dia lunasi. Ia menerima bagian bantuan KKP – E sebesar Rp. 50 juta.

Dirinya masih tidak menyangka akan menjadi tersangka  dan sekarang duduk di kursi pesakitan pengadilan Tipikor Surabaya sebagai terdakwa kasus tipikor bantuan program KKP-E.

” Saya mengharapkan keadilan bagi diri saya dan warga yang telah menerima dana bantuan pemerintah program KKP-E mengingat uang bantuan tersebut telah saya kembalikan,” katanya.

Dalam membela hak dan kepentingannya Sb menunjuk tim kuasa hukum dari LBH Jombang yang terdiri atas Agus Khoirul Huda, SH, Farid Fadjaruddin, SH, Merkuri Wahyudi, SH dan Agus Sholahuddin, SH.

Menurut Agus Khoirul Huda dakwaan Jaksa Penuntut Umum ( JPU ) atas kasus ini dinilainya kabur, kurang cermat dan tidak jelas.

” Dakwaan JPU tidak memiliki dasar hukum karena dasar  peraturan yang di pakainya untuk perkara ini telah di cabut di gantikan oleh peraturan baru seperti yang telah kami sampaikan dalam eksepsi dihadapan majelis hakim tadi,” urainya.

Dia menambahkan selain alasan diatas terdakwa dalam menerima bantuan program KKP-E melalui bank Jatim di syaratkan memberikan agunan / jaminan sertifikat hak milik sebagai jaminan apabila terdakwa tidak sanggup mengembalikan pinjamannya. Dengan adanya jaminan tersebut program pemerintah beralih fungsi menjadi kredit konvensional atau kredit pada umumnya yang tunduk pada peraturan KUH Perdata. Oleh karenanya pengadilan negeri tidak berwenang mengadili perkara a quo.

Untuk itu kami sebagai kuasa hukum terdakwa antara lain meminta kepada majelis hakim untuk membebaskan terdakwa dari rutan kediri, menyatakan pengadilan Tipikor Surabaya tidak berwenang mengadili perkara ini & menyatakan dakwaan JPU batal demi hukum. (Farid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here