SERTIFIKAT TANAH WAKAF BUKAN GRATIS, TAPI KEWAJIBAN

0
192

SURABAYA, SINAR POS – ikatan Pesantren Indonesia (IPI)  gandeng  Badan Pertanahan Negara Jawa Timur, gelar  Sosialisasi Sertifikasi Tanah Wakaf Pesantren & Tempat Ibadah di Hotel Garden Palace Surabaya, Selasa (13/3).

Kepala Kantor Wilayah Pertanahan Jawa Timur H. Gusmin Tuarita SH MH, mengatakan, Acara tanah wakaf ini kita sambut baik, mudah mudahan ini menjadi awal yang baik  untuk kita programkan untuk sertifikat tanah di jawa timur, sistem  program pendaftar sertifikat  sebidang tanah  ini bisa berjalan, apabila semua tanah tanah  di setiap desa  didaftarkan,  ini termasuk juga  pesantren  ini, kita harapkan  secara bertahap  seluruh bidang tanah pondok pesantren seluruh jawa timur,  kita akan jadikan nanti  pada tahun 2023. Mudah mudahan  berlangsung  terus, disamping  dari  tingkat provinsi dan kawan kawan di tingkat kota dan daerah untuk bersama sama  mengurus pondok pesantren di perwakilan masing masing di kabupaten kota  untuk melakukan identifikasi terhadap sebidang tanah pesantren, wakaf  yang di setiap daerah. Jadi awalnya dari sini, nanti kami akan bersama teman teman semua  di 38 kabupaten kota.

Di Jatim jumlah bidang tanah 19 juta, yang  baru terdaftar  7 juta, sebelas juta yang belum, termasuk didalamnya ada pesantren pesantren, hal ini kedepan nanti diurus secara bertahap hingga 2023 harus selesai, insya Alloh. Tutur  H.Gusmin  Tuarita.

Sementara itu DR Andi Arif  Presiden Qur’an Brail, mewakili IPI,  menyatakan,  Sudah membagikan 10,000 Qur’an brail kepada tuna netra, dulu Qur.an brail satu jus tebalnya sekitar 40 centimeter, sekarang sudah tipis mirip Alqur’an.  Hari ini memberikan Qur’an brail secara simbolis kepada Muhammad Fathoni  , dari Jombang Perak, mewakili para tuna netra yang lain.

“Tanah Wakaf ini warisan dari umat Islam untuk Negara, sertifikat  bukan gratis tapi kewajiban”

DR Andi Artf menambahakan,   meng apresiasi kepada Pemerintah pusat, bahwa program ini sangat bermanfaat sekali buat pimpinan pondok pesantren umumnya di seluruh Indonesia, khususnya hari ini di jawa timur, mudah mudahan kerja sama yang baik ini bisa membantu para pimpinan pondok pesantren dan rumah rumah ibadah bisa mendapatkan sertifikat. Tuturnya. (Nwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here