ASTINDO Kembangkan Pariwisata Di Jawa Timur

0
77

SURABAYA, SINAR POS – Astindo Travel Fair yang ke 6 digelar hari Kamis (8/3) hingga Minggu (11/3) di Atrium Pakuwon Mall Surabaya.

Ketua bidang Event Astindo Travel Fair, Honny Iwanto mengatakan kepada wartawan,  ini Event  yang ke 6,  mulai  tahun 2013. Pesertanya lebih banyak dibanding tahun lalu, tahun lalu sekitar 40, sekarang  52 jadi ada peningkatan peserta 20 persen.  Intinya,  Astindo travel fair ya tetap seperti travel fair yang lain, misinya  untuk mengembangkan pariwisata di jatim, dan pengembangan misi out bound tour dari Surabaya/Indonesia menuju keluar negeri.

Rencana Astindo travel fair akan  dibikin dua kali tahun ini, untuk semester pertama ini fokusnya outbound tour, khususnya keluar negeri. Jadi membawa orang Indonesia keluar negeri. Untuk semester kedua nanti, fokusnya inbound tour sama domestik. jadi orang luar yang datang ke Indonesia.

Target omset lebih banyak dari tahun lalu, tahun lalu sekitar 7 miliar, tahun ini  naik,  sekitar 8 atau 9 miliar. Walaupun sekarang kondisi ekonomi agak lesu, dengan adanya  isu pilkada dan lain lain, tapi kita harus tetap optimis karena peserta kita tetap naik.

Travel fair sekarang sudah membanjir, kita bikin travel fair, untuk berkompetisi, bukan untuk cari lawan, berkompetisi dengan outlet travel, mereka tidak perlu travel fair sudah terkenal, dengan adanya Askindo travel fair ini kesempatan untuk peserta peserta travel kita, travel agent berpromosi produk produk mereka, baik yang luar negeri maupun yang dalam negeri. Jadi otomatis keuntungan lebih banyak, karena Astindo ini terkenal multi Airlines.  Bukan tunggal airlines, seperti travel sebelum ini itu tunggal airlines.

Sebelum kita ini ada SQ Singapore airlines, ada Cathay Pacific travel fair, itu tinggal airlinesnya. Kita multi, Jadi banyak,  ada lebih dari sepuluh di Indonesia ini yang ikut berpromosi. Otomatis Promosinya juga banyak, baik dari airline airlines, dari stage holder stage holder kita , misalkan  dari Korea tourism, Singapore tourism port, dan lain lain, itu  juga promosi promosi yang lain.

Tujuan wisata saat ini yang paling diminati oleh warga Surabaya, tetap asia nomer satu kedua Eropah. Asia seperti Jepang, Korea China, kalau Eropah, eropah timur, eropah barat dan Scandinavia.

Kalau asia tenggara letak geographis sama dengan Indonesia, kayak Singapore, Malaysia, Thailand,  peminatnya tetap ada tapi tidak sebesar Negara lain, cuman berlibur “Long week end, Job week end “, itu Cuma Negara Negara tetangga. Seperti Singapura, Malaysia.

Dari Pemda dan pemkot, terus mendukung, walaupun  Astindo ini  travel agent Indonesia. Yang boleh dikatakan berdirinya masih se umur jagung. Baru sepuluh tahunan. Jumlah travel di Indonesia sekitar 1200 travel. Tidak ada keuntungan pribadi, tapi ada keuntungan asosiasi tapi kembali ke mereka. Ada travel march mereka datang ke Indonesia untuk berdiskusi.tutur Honny Iwanto. (Nwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here