Kementrian PU Minta Calon Penerima Lengkapi Dokumennya

0
59

SURABAYA, SINAR POS — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) gelar Rakor Serah terima Aset Penghunian dan pengelolaan Rumah susun di Surabaya Rabo (28/2) dengan bahasan, ┬ámeminta para calon penerima rumah susun (Rusun) di Jawa Timur melengkapi dokumennya sebelum diserahterimakan, sebab aset berupa rusun ini tidak akan dihibahkan sebelum dokumennya lengkap.

Kepala Satuan kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Jatim, Ridwan Dibya Sudharta mengatakan, selama ini pemerintah telah membangun rusun untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di berbagai lokasi, namun rusun tersebut kebanyakan masih belum dihibahkan kepada Badan Pengelola rusun akibat dokumen yang kurang. Ridwan mencontohkan, rata rata kekurangannya pada dokumen Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) yang belum terbit padahal bangunan sudah berdiri.

Rusun yang dibangun, lanjut Ridwan, menggunakan spesifikasi bangunan yang terbaik, sehingga harus dikelolah dengan baik. Rusun itu sudah dilengkapi saluran air, listrik hingga mebeler, masyarakat tinggal menghuninya dan merawatnya saja.Rusun ini, harus dimanfaatkan sesuai dengan fungsi saat pengajuan usulan awal dari masyarakat sendiri, tidak boleh dialihfungsikan, sebab terkadang ada yang menggunakannya untuk kantor, ruang kelas hingga lainnya.tutur Ridwan.

Sementara itu, PPK Rusun khusus, Mustofa Odfan menjelaskan, rusun yang dimintai kelengkapan dokumennya ini merupakan rusun proyek tahun 2005 hingga 2017.Setelah lengkap, akan dilimpahkan ke pusat, dari sanalah yang membungkus jadi buku untuk diserahterimakan ke masyarakat. Ujarnya.

Odvan menambahkan, setelah serah terima aset ke user terjadi, semua pengelolaan terkait rusun menjadi tanggungjawab masyarakat itu sendiri,  pemerintah sudah lepas tangan dan tidak bertanggungjawab lagi jika ada kerusakan. Pemerintah, membangun rusun-rusun tersebut untuk dihuni masyarakat berpenghasilan rendah, adapula yang dibangun untuk ASN, pondok pesantren, mahasiswa, hingga TNI/Polri. tuturnya. (Nwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here