2 PENCURI KOTAK AMAL DI VIHARA TRI DARMA BUMI RAYA DIAMANKAN POLSEK PEMANGKAT

0
149

Sambas,- Sinar Pos

Ditengah semaraknya suasana tahun baru imlek 2018 di Kecamatan Pemangkat, masih saja ada tindakan meresahkan dan melanggar hukum yang dilakukan oleh oknum masyarakat, tak terkecuali 2 ( dua ) orang pemuda asal Desa Sentebang Kecamatan Jawai  bernama ADITYA BIN JASMANI ( 21) dan CACA BIN HANAPI ( 25 ), Kedua pemuda ini kedapatan tertangkap tangan telah menggunting gembok kotak amal yang terbuat dari besi yang terletak di dalam Vihara TRI DARMA BUMI RAYA desa Parit Baru Kecamatan Salatiga Kabupaten Sambas, kejadian tersebut dilakukan oleh kedua pelaku yaitu pada hari senin tanggal 19 Februari 2018 sekira pukul 01.00 Wib disaat sebagian orang sudah terlelap tidur.

Dikarenakan kotak amal di VIHARA TRI DARMA BUMI RAYA Parit Baru tersebut sering hilang maka timbul kecurigaan ketika saksi An. Sdr. HENDRI THO pada dinihari tersebut melihat ada dua orang yang tidak di kenal dengan gerak gerik mencurigakan masuk ke dalam Vihara, kemudian Sdr. HENDRI THO beserta Sdr. ISKANDAR melakukan pengintaian, ternyata mereka melihat para pelaku mengambil gunting besi yang sebelumnya sudah disiapkan lalu para pelaku menggunting gembok kotak amal yang terbuat dari besi,Tak menunggu lagi melihat perbuatan kedua pelaku saksi langsung menangkap tangan keduanya beserta barang bukti berupa 1(satu ) buah Gunting besi, 1( satu ) unit sepeda motor Merk HONDA Type VARIO No.Pol: KB 3976 TV warna hitam beserta kunci kontak dan 1 ( satu ) buah kunci gembok yang dalam keadaan rusak, kemudian para dibawa ke rumah ketua RT yang bernama Sdr. KHIAN NYAP. Setelah itu Sdr. KHIAN NYAP menghubungi Pelapor yaitu Sdr. PHANG KIM TJIN melalui Handphone memberitahukan bahwa Kotak Amal telah di curi dan pencurinya sudah di tangkap oleh warga.

Mendapat informasi tersebut pelapor langsung mendatangi VIHARA TRI DARMA BUMI RAYA untuk mengecek kebenaran informasi tersebut dan di dapati bahwa telah diamankan 2 ( dua ) orang yang di duga melakukan pencurian kotak amal kemudian pelapor menelpon pihak kepolisian Polsek Pemangkat  dan petugas piket langsung mendatangi TKP dan membawa kedua pelaku beserta barang bukti ke Polsek Pemangkat untuk di amankan, Atas kejadian tersebut pihak VIHARA TRI DARMA BUMI RAYA Desa Parit Baru belum mengalami kerugian di karenakan uang di kotak amal tersebut sehari sebelumnya sudah di ambil oleh pihak Vihara.

Kedua pelaku akan dikenai oleh Pasal 363 KUHP ayat (1) ke (4), ke (5)  dan Pasal  362 KUHP Jo Pasal 65 KUHP tentang tindak Pidana Pencurian dengan ancaman hukuman pidana penjara maksimal 7 ( tujuh) tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here