Puskesmas Dadapkuning Melaksanakan Kirap Masal, Pencegahan Penyakit ORI Difteri

0
160

Gresik,- Sinar Pos

Pelaksanaan Gebyar OUTBREAK RESPONSE IMMUNIZATION(ORI) Difteri sewilayah kerja UPT Puskesmas Dadap kuning melaksanakan imunisasi masal untuk pencegahan penyakit difteri dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Sukoanyar kecamatan Cerme, kabupaten Gresik,Sabtu(17/02/2018).

Kirap masal dibuka oleh kepala Puskesmas Dadapkuning dengan Start dimulai dari Puskesmas Dadapkuning dengan menaiki kendaraan Odong – odong, mobil puskesmas dan berhenti di SDN Ngembung dengan dilanjutkan ke dusun Ngering dengan berjalan kaki dari pintu masuk menuju balai desa Sukoanyar.

Siswa РSiswi pelajar sekolah SDN Sukoanyar dan masyarakat Dusun Ngering menyambutnya dengan antusias dan bersemangat ingin mengikuti karena melihat para rombongan petugas puskesmas memakai berbagai macam kreasi seperti menghias mobil puskesmas,  odong Рodong, dan juga memakai baju yang seragam, ada pula hiburan badut sulap sehingga terlihat sangat meriah.

Kegiatan imunisasi masal pencegahan penyakit ORI difteri dihadiri Camat Cerme,  jajaran Muspika Cerme, Kepala Desa Sukoanyar, pimpinan puskesmas Dadapkuning dan semua pegawai puskesmas Dadapkuning, fatayat cerme, Bayi, balita, Paud, serta siswa SDN Sukoanyar.

Dalam Sambutanya Suliadi kepala desa sukoanyar mengatakan, sangat antusias dan mendukung telah diadakannya imunisasi masal ORI Difteri oleh Puskesmas Dadapkuning untuk masyarakat Desa Sukoanyar.

Dilanjutkan Eko hariyanto SKM. MM. kes, kepala Puskesmas Dadapkuning menjelaskan, tujuan diadakan ORI Difteri diwilayah jawa timur karena semakin  banyaknya ditemukan kasus penyakit difteri.salah satunya melaksanakan imunisasi masal untuk pencegahan penyakit difteri dan dengan adanya kerja sama lintas sektor, kegiatan imunisasi ORI difteri bisa berhasil.

Difteri merupakan infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium. Gejalanya berupa sakit tenggorokan, demam, dan terbentuk lapisan di amandel dan tenggorokan.

Dalam kasus yang parah, infeksi bisa menyebar ke organ tubuh lain seperti jantung dan sistem saraf. “Ujarnya

Sementara itu, dalam sambutannya suwartono, AP, M.Si Camat Cerme menuturkan, mengharuskan semua mulai balita sampai dengan Siswa pelajar di imunisasi ORI difteri.

Dan ditutup dengan penyematan tanda ORI oleh Eko hariyanto, SKM. MM. kes Kepala Puskesmas Dadapkuning.(dik)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here