DPD MAPPI Jatim Gelar Pendidikan Profesional Lanjutan

0
83

SURABAYA, SINAR POS  –  DPD MAPPI Jawa- Timur mengadakan Pendidikan Profesional Lanjutan (PPL) dokumen kepemilikan tanah dan kekuatan hukumnya serta hubungan dengan penilaian property, yang diikuti 80 peserta  yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang Hukum Pertanahan dan dokumen kepemilikan tanah di Hotel Santika Gubeng, Rabu (14/2).

Ir Wahyu Utomo MM Ketua Forum Kantor Jasa Penilai Publik (FKJPP) MAPPI Jawa-Timur, mengatakan, PPL ini merupakan salah satu cara asosiasi penilai untuk meningkatkan kemampuan para penilai, yang pesertanya dari  tingkat bawah dan menengah.”Kami berharap mereka memiliki pemahaman yang sama. Mereka adalah ujung tombak perusahaan . Jika salah, perusahaan yang kena.Mereka didik dan harus berhati- hati dalam melakukan penilaian di lapangan,” ujarnya.

 

Penilai yang melakukan  penilaian  terhadap sertifikat  tanah harus hati-hati di lapangan . Mereka harus dibekali fotokopi dan tidak boleh dengan tangan kosong. “Apa betul atau nggak atas tanah  yang dimaksudkan itu. Sebab, bisa beda kecamatan, karena tanah yang dinilai  adalah tanah kosong. Oleh sebab itulah, pendidikan ini   penting sekali,”. pada pelatihan kali ini menghadirkan narasumber dari BPN supaya tahu jenis- jenis sertifikat dan mengundang pembicara dari  Pemkot Surabaya.

Khususnya, pembicara untuk memberikan pemahaman pada peserta tentang surat ijo yang sangat  sensiitif itu. Sebab, tanah milik Pemkot Surabaya dan yang dinilai adalah bangunannya saja. “Penilai untuk menilai jaminan harus hati-hati,” ucapnya.

Para penilai yang mengikuti PPL ini, punya kewajiban untuk melanjutkan profesinya dan meningkatkan kemampuannya. “Para penilai ada kewajiban mempunyai poin dan menambah poin. Hari ini memiliki 8 dan tahun ini harus ikut PPL lagi supaya  mendapatkan 15 poin,” Kalau para penilai tidak mau mengikuti PPL, akan bisa diberhentikan. Bahkan, ijinnya bisa dicabut.tutur Ir Wahtu Utomo MM. (Nwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here