RATUSAN WARGA KWATU MINTA TUNTUTAN KESEPAKATAN PROYEK LONG STORAGE

0
266

Mojokerto,- Sinar Pos

 Ratusan warga masyarakat  desa Kwatu kecamatan Mojoanyar  kabupaten Mojokerto pada hari senin tanggal 12 februari 2018,  Sejak pagi mulai pukul 08.00 Wib, Telah melakukan aksi demo, di balai desa Kwatu, dan sekitar 150 kepolisian untuk penjagaan, demo yang terkait proyek pembangunan waduk untuk bahan baku PDAM, yang berlangsung di pimpin kepala desa Kwatu ( kades) Kwatu H CHOSIM ACE,SH di area proyek PT NINDYA JAYA DAN PT RUDI JAYA.

Menurut keterangan dari pihak proyek air baku PDAM  sumber dari dana APDM  yang di bangun di area desa Kwatu, tampatnya di lokasi tanah kas desa ( TKD) yang seluas 6 hektar  belum dapat ganti rugi dan tukar guling, sehingga masyarakat Kwatu protes, ungkap kades Kwatu.

Dengan berjalannya  pembangunan proyek tersebut juga ada jalan terputus , yakni dari desa Kwatu menuju Sidoarjo  sehingga warga harus memutar dan mengganggu aktifitas warga di rugikan , dengan memutuskan jalan menuju Tarik sehingga anak sekolah memutar lewat Prambon  sekitar 10 kilo meter lebih, dengan pembangunan proyek ini di anggap menyalai aturan ada 4 tuntutan  dalam aksi demo.

1.menyegel kantor  direksi karena belum bayar sewa kantor dan listrik.

2.adanya  jalan yang putus tanpa sosialisasi  karena akses jalan utama  menuju wilayah Tarik Sidoarjo.

3. menyelesaikan ganti tanah kas desa ( TKD) yang di gusur dan belum ada kejelasan.

4. meminta pengolahan limbah pasir  untuk kepentingan warga desa Kwatu.

Dan apabila dari ke empat tuntutan tidak terpenuhi, kami akan melakukan aksi lanjutan dengan massa yang lebih besar  ke kabupaten Mojokerto.

ABDUL GHOFUR  selaku pihak dari PT RUDI JAYA  menyampaikan, dan berjanji bersedia membangun kembali akses jalan warga yang terputus, dan membantu proses pengembalian aset desa, limba proyek pasir juga di serahkan kepada Masyarakat desa, kontrak kantor dan listrik segera di bayarkan. dan semua sudah tercantum dalam surat pernyataan di antara pengembangan penanda tanganan pihak desa yang di wakili kepala desa Kwatu, dan setelah penanda tanganan surat pernyataan ke dua belah pihak selesai, masyarakat damai.(ifa/har)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here