PASCA DI-PHK SEPIHAK, PULUHAN EXS.KARYAWAN GRUDUK KANTOR COLUMBIA DAN DISNAKER

0
180

BLITAR, – SINAR POS

Puluhan eks.karyawan Columbia menggelar aksi demo di depan kantor Columbia Kota Blitar.

Aksi yang dilakukan buruh Columbia bersama LSM IJS pada Selasa pukul 10.00 WIB untuk menuntut PHK sepihak yang dilakukan oleh PT. Suprima Nusantara Pembiayaan (Columbia) Ruko MTC Blok-J Jalan Ahmad Yani Kota Blitar itu dibayarkan.

Total karyawan yang terkena PHK berjumlah kurang lebih 10 karyawan, 8 karyawan di PHK secara bersamaan dan kemudian di-PHK 2 karyawan lainnya juga tanpa pesangon dan prosedur yang benar.

Aksi demo ini menuntut berbagai hal mulai dari pesangon, jaminan sosial, jaminan kesehatan. “Kita dari awal kerja disini tidak ada sama sekali jaminan apapun, terus kita tunggu – tunggu hingga pakai surat menyurat dan tanya pimpinan perwakilan Blitar tapi tidak ada tanggapan sama sekali dari pihak columbia,” ungkap Saiful Iskak Ketua Cabang LSM IJS Blitar.

“Jadi kami itu langsung disuruh tanda tangan surat resign tanpa adanya konfirmasi dulu, dan alasan dibuatnya surat itu karena hasil kerja kita tanpa ada kejelasan yang detail,” tambahnya.

Sementara Ketua LSM IJS dalam orasinya, menuntut permasalahan buruh diselesaikan sesuai aturan ketenagakerjaan yang diatur dalam UU nomer 13 tahun 2003,

“Kami akan membawa massa yang lebih besar lagi jika masalah buruh seperti ini disepelekan, supaya menjadi pelajaran bagi para kapitalis agar tidak semena-mena terhadap buruh karena bukan tidak mungkin ini terjadi di daerah lain di indonesia”, ungkapnya.

Sementara di tempat yang berbeda, Lauli sebagai perwakilan Coloumbia enggan menjelaskan masalah tersebut. “Saya no commen ya, karena saya tidak mempunyai kapasitas berbicara disini, tapi nanti kalau sudah beres dengan keputusan Disnaker yang menilai seperti apa, dan selanjutnya kita akan adakan press release,” terang Lauli

Di lain fihak Disnaker Kota Blitar berusaha memfasilitasi pertemuan kedua belah fihak untuk menyelesaikan permasalahan buruh Columbia yang hari itu juga melakukan long march ke Kantor Dianaker Kota Blitar.

“Silahkan mengirimkan pengaduan dulu ke Kantor Disnaker, nanti kami akan memfasilitasi penyelesaian masalah ini, biasanya untuk masalah seperti ini ada fasilitator yang ditunjuk Disnaker” jelasnya (Leh)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here