Ribuan pengunjung FKKS (Festival Kesenian Kawasan Selatan) Mbludak

0
158

Lumajang,- Snar Pos

Giliran kabupaten Lumajang menjadi tuan rumah ajang FKKS/Festival Kesenian Kawasan Selatan ke 14 tahun 2018, yang bertempat di alun-alun kota Lumajang.

Ribuan pengunjung FKKS membludak memadati lokasi,dan  warga lumajang pun sangat antusias menyaksikan acara pada malam hari ini.

Hadir malam itu Bupati Lumajang Drs.As’ at Malik M.ag dan wabup  beserta jajaran forkopimda dengan masing-masing istri.

Kemudian Hadir juga Sekda Provinsi jatim Dr.Akhmad Sukardi MM. Yang mewakili Gubernur jatim membuka acara FKKS 2018, Kadisbudpar prov.Jatim Dr.H.Jariyanto M.si dan Sekda Kab.Malang Ir.Didik serta pejabat perwakilan pimpinan daerah dr masing-masing kabupaten yang mengikuti acara ini.

Dalam menyampaikan laporannya Kadisbudpar prov.Jatim Dr.H. Jariyanto M.si menyampaikan,
“FKKS ini merupakan agenda tahunan pemerintah provinsi Jawa Timur, dengan di ikuti peserta kintingen kesenian dari 8 kabupaten di seluruh pesisir selatan Jatim yakni Pacitan, Tulunggung, Trenggalek, Blitar, Malang, Lumajang, Jember  dan banyuwangi.

Dan ada satu peserta tamu kehormatan dari kontingen kesenian Kabupaten Badung/Provinsi Bali yang ikut juga meramaikan ajang FFKS tahun ini “, katanya.

“Setiap tahunnya 8 kabupaten di Prov.jatim yang berada di kawasan selatan ini,secara bergiliran menjadi tuan rumah FKKS dan kali ini giliran Kabupaten Lumajang bertempat di alun-alun.

Tema  FKKS ke 14(10-11 Februari) tahun 2018  ”Ekspresi Budaya Gunung Kawasan Selatan Jawa Timur”, meliputi  :
-Pertunjukan Pagelaran Upacara Adat
-Pagelaran Kesenian masing-masing daerah
yang berlabgsung pada malam ini
-Pameran kerajinan seni ekonomi kreatif
berbasis seni budaya/produk unggulan
daerah seperti busana tari, busana khas
daerah, batik, kerajinan ekonomi kreatif
(Bambu, Kriya, Kulit dan lain-lain), oleh-oleh
khas daerah dan sebagainya”, tutur Bapak
Jariyanto dalam menyampaikan laporannya.

Sementara salah satu pengunjung warga kecamatan kota lumajang bernama Tia Sugito mengatakan kepada pewarta sinar pos,”acara malam ini selain memperlihatkan seni budaya kawasan selatan dan yang luar biasa malam ini tidak bisa di pungkiri bahwa antusias warga lumajang dalam mengunjungi FKKS sangat luar biasa sampai banjir manusia di alun-alun malam ini”, ungkapnya.

Terakhir acara FKKS ke 14 berlangsung, di gelar sampai dengan besok (11/02/2018).(RId)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here