LIMA DESA MELAKSANAKAN UJIAN SELEKSI CALON PERANGKAT DESA BERJALAN SUKSES

0
261

Gresik,- Sinar Pos 

Lima Desa di kecamatan Dukun melaksanakan tes ujian penyaringan dan penjaringan perangkat Desa (P3D) yang dilaksanakan di SMA Negri 1 Dukun yang dilakasanakan, Sabtu(10/02/18).

Pelaksanaan Tes ujian calon perangkat Desa di SMA Negeri 1 Dukun diikuti 5 Desa sebagai berikut:

1.Desa Sawo kekosongan 7 perangkat desa yaitu Sekertaris Desa, Kaur tata usaha dan Umum, Kaur keuangan, Kaur perencanaan, Kasi pelayanan, Kasi pemerintahan dan Kasi Kesejahteraan.

2.Desa Babaksari kekosongan 2 perangkat Desa yaitu Kasi kesejahteraan dan kasi pemerintahan.

3.Desa Sekargadung 4 perangkat Desa yaitu Sekertaris Desa, Kaur tata usaha dan umum, kaur perencanaan dan kasi pemerintahan.

4.Desa Kalirejo 3 perangkat Desa yaitu Sekertaris Desa,  Kaur perencanaan dan Kasi kesejahteraan.

5.Desa Sembungan Kidul 1 perangkat Desa yaitu Kaur Umum.

Sementara kegiatan Tes Ujian perangkat Desa di SMA Negri 1 Dukun dihadiri Camat Dukun, Sekcam, Satpol PP, Jajaran Muspika, Ketua asosiasi kepala Desa(AKD) Kecamatan Dukun, Ketua asosiasi kepala Desa(AKD) sekabupaten Gresik, Seluruh panitia P3D, dan 5 Kepala Desa yaitu:

 

  1. Yudi Harianto Kepala Desa Sawo
  2. Sholihuddin Kepala Desa Babaksari
  3. AQSON Achmadi Kepala Desa Sekargadung
  4. Saiful Arif, S.IP Kepala Desa Kalirejo
  5. Muhammad Munir Kepala Desa Sembungan Kidul

 

Untuk itu kekosongan perangkat di lima desa dengan jumlah seluruh peserta yang mengikuti tes ujian perangkat Desa ada 43 peserta dengan kekosongan perangkat ada 17 dan Tim P3D melaksanakan koreksi hasil nilai ujian mulai jam 11.00 wib sampai  12.00 wib.

 

  1. Ashari selaku Ketua Asosiasi kepala Desa Kecamatan Dukun mengatakan untuk pelaksanaan Tes ujian perangkat Desa dilaksanaakan di SMA Negri 1 Dukun memang ada 5 Desa dikarenakan 5 desa tersebut membentuk P3D lebih dahulu sehingga 5 desa tersebut gelombang pertama, dengan pelaksanaan tes ujian dibuat seperti ini agar bisa aman benar – benar transparasi artinya tidak ada kecurigaan antara masing – masing peserta.

 

Lanjut M. Ashari Nantinya hasil nilai ujian ini pengoreksian soal itu dilaksanakan hari ini juga dengan sistem silang jadi semua dibebankan panitia P3D, “Tetapi panitia P3D dikembalikan kepada peserta dikoreksi secara silang.” Ujar M. Ashari Ketua Asosiasi AkD kecamatan Dukun

 

Camat Dukun Arifin, S.E, MM menuturkan seleksi ini adalah upaya rangkaian dari proses pelaksanaan P3D. Dengan adanya pelaksanaan di SMA Negri 1 Dukun ini pelaksanaan kita bisa terlihat transparan kita, keterbukaan kita. Harapan kami Tes ujian perangkat desa yang dilaksanakan di SMA Negri 1 Dukun tentunya keterbukaan ini akan tampak itu yang paling utama. Dan mudah – mudahan pada akhir pebruari nanti bisa terselesaikan sehingga pada bulan maret nanti kekosongan sudah terisi. ” Ujarnya

 

Kapten inf Pariono Danramil Kecamatan Dukun mengatakan seleksi Penjaringan dan penyaringan  perangkat Desa(P3D) selama saya pantau bersama anggota kita dalam situasi kondusif bersama polsek kecamatan Dukun tidak ada permasalahan apapun sampai sekarang dan ujian dalam keadaan aman dan terkendali. “Tuturnya

 

Sementara itu, LSM LPB(Lembaga Pemantau Birokrasi) menyampaikan, didalam Perbup nomor 19  tahun 2017 di dalam pasal 24 dinyatakan secara terbuka. kami dari LSM LPB menyatakan jurdil semoga kecamatan Dukun menjadi piral dan contoh kecamatan lain. (her/dik)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here