Suko Widodo, Pers Harus Terbebaskan dari Kekuatan Politik

0
53

SURABAYA SINAR POS – Suko Widodo dari Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Pers di tahun 2018, kepada Wartawan di Surabaya pada Hari Jum’at (9/2).

Setelah ditanya  Wartawan mengenai  Peran daripada insan pers, pada kancah politik nasional tahun 2018  seperti apa,  suko Widodo menyatakan, Pertama saya menyampaikan   HUT Pers nasional   2018, tentu dengan  sejumlah harapan meskipun saya tidak tahu apakah harapan saya terwujud. Kita  tahu  bahwa sepanjang masa pers  selalu menjadi  INTI DASAR dari interaksi manusia dari kontek kenegaraan, tetapi kita cukup sedih juga kadang kadang melihat bagaimana terakhir ini sudah terlibat dalam proses proses politik yang secara partial terlihat sekali. Idealnya kan kalau dalam teori pers harus terbebaskan  dari ruang ruang  kekuatan politik  dengan harapan dia menjadi alat perjuangan untuk mensejahterakan rakyat. Ujarnya.

Di tahun politik ini di jatim, saya juga meskipun  tidak terlalu  terlihat sekali bagaimana  sangat berpihak kepada pil tertentu. Saya kira ini jadi peringatan bagi kita semua  jangan sampai pers di jatim seperti di nasional jadi bagian dari pihak politik.  Pers harus melakukan  komunikasi politik membantu parpol atau kekuatan politik untuk menjadi aspirasinya kepada masyarakat  sehingga masyarakatpun terkomunikasikan lewat pers. Pers harus independen  dan professional melihat persoalan  dengan kacamata atau indikator indikator image berita yang layak. Ucapnya.

Di Jatim, yang paling menonjol, media meanstream  pertama seperti televisi  dan Koran tidak terlalu ya, tetapi media online saya melihat ada sejumlah yang agak tren kesana. Tapi saya masih maklum, itu bagian dari campaign, tidak apa sebetulnya asal dia menjelaskan jangan  menjadi alat yang dikebiri oleh partai politik tuturnya. (Nwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here