Peringatan Hari Pers Nasional 2018, Menggelar Dialog Publik

0
45

Lumajang,- Sinar Pos

Bertempat di gedung BKD/Badan Kepegawaian Daerah Daerah Jl.Akhmad Yani No.25 Lumajang,acara peringatan HPN /Hari Pers Nasional 2018 berlangsung hari ini (05/02/2018) dengan menggelar Dialog Publik.

Turut hadir Bupati Lumajang Drs. KH. As’ at Malik M.ag yang juga membuka acara beserta jajaran Forkopimda, juga kurang lebih 150 peserta Dialog yang terdiri dari Instansi pemerintahan (eksekutif, legislatif dan yudikatif, beberapa forkopimka dan dari beberapa pemerintahan desa di Lumajang), mahasiswa(PMII dan HMI),Perwakilan Ormas(NU-Muhamadiyah) dan juga dari unsur masyarakat yang tergabung dalam kelompok-kelompok komunitas di wilayah Kabupaten Lumajang.

Dalam sambutannya Bupati Lumajang Drs. H. As’at Malik M. Ag   menyampaikan, “media /pers benar-benar harus professional untuk menyebarluaskan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Agar pers memberi informasikan berita yang benar, berimbang dan obyektif”,tuturnya.

Bupati As’at mengatakan,” bahwa dialog dalam bentuk diskusi seperti ini perlu,  untuk mempertemukan satu persepsi .

Sehingga  terjalin kemitraan yang baik, untuk membangun demi kemaslahatan masyarakat Kabupaten Lumajang.

Bijaklah menyampaikan berita, jadilah insan pers yang profesional dan jangan sampai berita yang di sebarkan tidak sesuai dengan fakta”, ujar  As’at.

Adapun Tema Dialog dalam peringata HPN 2018  kali ini, adalah”Membangun Sinergitas dengan Media Dalam Bingkai Profesionalisme”.

Dialog dengan peserta audience kemudian berlangsung dan dipandu oleh seorang moderator  bernama Abdul Fatah ( akrab disapa Cak Fatah ) yang juga salah seorang Jurnalis dari media Jatimtimes.Com, dengan narasumber tunggal Bapak Imam Wahyudi dari Dewan Pers Nasional devisi pengaduan masyarakat dan etik jurnalistik.

Di sela-sela acara, wartawan sinar pos berhasil mewawancarai salah satu panitia penyelenggara yakni saudara Arifulin Nuha  yang tak lain ketua FKWL (forum Komunikasi Wartawan Lumajang) dan juga jurnalis JTV mengatakan,”Tujuan kegiatan ini adalah bagian upaya kecil teman-teman wartawan Lumajang ingin memberikan kontribusi lebih terhadap rakyat Lumajang.

Walaupun teman-teman wartawan sudah melakukan kerja-kerja jurnalistik/pers mulai dari penulisan yang konsumtif dan kontrol terhadap roda pemerintahan, tuturnya.

Arifulin juga menjelaskan,”ini adalah salah satu bagian agar wartawan tidak hanya menulis, tapi juga membuka diri makanya kami datangkan Dewan Pers.

Biar masyarakat bisa tahu bagaimana portofolio perusahaan pers dalam menjalankan usaha-usaha pers nya.

Sehingga wartawan mulai ada stigma negatif, bisa membedakan mana wartawan yang profesionalitas dan yang tidak”,imbuhnya menuturkan.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dari FKWL dan Diskominfo Kabupaten Lumajang.(Rid)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here