SBH Wujudkan Masyarakat yang Berperspektif Lingkungan

0
68

Sidoarjo,- Sinar Pos

Permasalahan sampah saat ini sudah menjadi permasalahan serius, mengingat produksi sampah terus meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk, perubahan  pola konsumsi dan gaya hidup masyakat.

Untuk menangani permasalahan sampah ini Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo berkomitmen kuat untuk sidoarjo bebas sampah di tahun 2018 ini.  Berbagai program kebersihan dan kepedulian terhadap sampah telah dilaksanakan,  termasuk lomba / presentasi Sidoarjo Bersih dan Hijau Zero Waste Academy Tahun 2017 – 2018 yang pada hari ini (2/2)  dilaksanakan di Pendopo Delta Wibawa dan dibuka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah,SH, M.HUM.

Ketua Panitia DR. M. Bahrul Amig, S.Sos, M.M, yang kemarin baru saja mutasi jabatan ke Dinas Perhubungan menjelaskan bahwa kegiatan SBH ini sudah yang ke 8 kali/ 8 tahun dan akan kita tingkatkan terus dengan  tujuan adalah untuk menanamkan perilaku masyarakat yang berperspektif lingkungan. Program ini merupakan implentasi dari instruksi bapak bupati yang menginginkan sidoarjo bersih dari sampah, dan menangani problem lingkungan.

Sebelum kegiatan presentasi ini, telah dilaksanakan penilaian dilapangan targetnya di lingkungan RT, dimana dilingkungan RT tersebut didiami oleh orang – orang yang sangat peduli dengan lingkungan dan telah mendapat dukungan dari RW, Kepala Desa/ Kelurahan dan Camat dimana lingkungan RT tersebut akan menjadi model prototype, yang merupakan model lingkungan yang betul – betul layak untuk dijadikan pembelajaran bagi RT – RT yang lain atau Desa – desa yang lain.

Dan para peserta presentasi yang hadir pada hari ini, nanti akan menjadi mentor bagi peserta Zero Academy di tahun berikutnya, jangan pernah berhenti. Perlu saya sampaikan juga bahwa kegiatan yang kita laksanakan pada saat ini, baru yang pertamakali ada di Indonesia.

“Dan Alhamdulillah respon dari masyarakat dan para kepala desa untuk program ini sangat luar biasa,  harapannya kedepan perencanaan di tingkat desa itu harus berbasis lingkungan,” jelas Amig.

Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah, SH, M.HUM, sangat apresiatif dengan kegiatan ini, dimana setiap pelaksanaan SBH dilapangan beliau selalu mengikuti terutama pelaksanaan bersih – bersih sungai.

Dan kegiatan presentasi lomba Sidoarjo Bersih dan Hijau Zero Waste Academy   untuk tahun ini berbeda dari tahun – tahun sebelumnya. Untuk tahun ini dilakukan sangat selektif dan ada beberapa aspek lingkungan mulai dari pengelolaan sampah dan kebersihan lingkungan, penghijauan lingkungan, saluran air dan rumah sehat dan serapan tanah, serta partisipasi dan peran serta masyarakat pada lingkungan hidup.

Selain itu, prosentase  para kades / lurah yang melakukan inovasi terhadap lingkungan yang sudah dilakukan di desa/ kelurahan,  kebijakan desa / kelurahan dalam penanganan sampah, jaminan kemitraan dengan stakeholder terkait agar mampu membangun wilayah yang berwawasan lingkungan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat semakin peduli lingkungan, sehingga mampu mewujudkan budaya bersih dan hijau, khususnya dilingkungan kita sendiri. “ ungkap Abah Ipul, panggilan akrab Bupati Sidoarjo.

Peserta yang mengikuti lomba presentasi SBH Zero Waste Academy merupakan hasil seleksi peninjauan lapangan di Desa/ Kelurahan se Kabupaten Sidoarjo.

Tim juri berarsal dari  Walhi, Bambang Catur Nusantara,  DLH Provinsi Jawa Timur Drs. Fauzi Bachtiar, A.MT, DLHK Kabupaten Sidoarjo Heksa Widagdo, dan dari Universitas muhammadiyah Sidoarjo Hasan Ubaidillah. (Znr/kominfo)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here