Pemkab Sidoarjo Beri Tali Asih dan Penghargaan Kepada PNS Purna Tugas

0
46

Sidoarjo,- Sinar Pos

 102 PNS memasuki masa purna tugas tahun ini. Mereka purna tugas periode Februari – April 2018. Termasuk mantan Sekda Sidoarjo H. Djoko Sartono yang harus melepas status PNS nya per 1 Februari 2018 kemarin. Sebagai bentuk ucapan terimakasih atas pengabdiannya selama ini, Pemkab Sidoarjo memberikan tali asih dan penghargaan kepada mereka.

Kemarin, Kamis, (1/2), tali asih diserahkan langsung oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH, M.Hum di pendopo Delta Wibawa. Diawal sambutannya, bupati Sidoarjo mengucapkan terimakasihnya atas pengabdiannya selama ini sebagai seorang PNS. Loyalitas dalam menjalankan tugas-tugas kepemerintahan dan pelayanan masyarakat selama ini patut dihargai. Sumbangsih tenaga, ide dan pikiran selama ini hanya diberikan bagi pembangunan Kabupaten Sidoarjo yang lebih baik.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berharap meski pengabdian sebagai seorang PNS telah berakhir namun pengabdian kepada negara dan masyarakat tidak pernah berakhir. Ia katakan pengabdian kepada negara dan masyarakat tidak harus dilakukan sewaktu menjadi PNS saja. Namun dapat diwujudkan setelah purna tugas sebagai seorang PNS yang merupakan abdi negara dan abdi masyarakat.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sidoarjo Sri Witarsi mengatakan kegiatan pelepasan PNS purna tugas tidak lain untuk membangun tali silaturahmi. Selain itu sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terimakasih kepada PNS yang selama ini telah mengabdi kepada Kabupaten Sidoarjo. Para PNS purna tugas akan diberikan tali asih yang berasal dari dana sosial Korpri. Ia katakan dana Korpri yang dihimpun dari PNS Sidoarjo awalnya hanya diperuntukkan bagi PNS yang terkena musibah. Namun saat ini dapat diberikan sebagai dana tali asih kepada para PNS yang pensiun. Dalam kegiatan kali ini juga diberikan piagam penghargaan bupati Sidoarjo kepada para PNS purna tugas.

“Berdasarkan konsultasi kami ke BPK diperkenankan sebagai tali asih kepada PNS yang purna tugas,”ucapnya.

Ia juga katakan sebagaian PNS yang hadir masih ada yang melaksanakan tugasnya sebagai seorang PNS. Pasalnya periode PNS purna tugas kali ini sampai bulan April. Ia berharap kepada para PNS yang memasuki purna tugas untuk tetap bersemangat dan tetap meningkatkan kinerjanya diakhir masa baktinya sebagai seorang PNS.

Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan bahwa semua layanan kepegawaian termasuk proses pensiun dan klaim tabungan hari tua tidak dipungut biaya. Ia katakan masih banyak oknum-oknum yang menawarkan pengurusan pensiun dengan biaya. Ia sampaikan saat ini BKD menyediakan kemudahan dalam pengurusan klaim tabungan hari tua. PNS tidak perlu datang jauh-jauh ke PT. Taspen Surabaya. Pasalnya BKD saat ini telah bekerjasama dengan PT. Taspen dengan menyediakan mobil  layanan Taspen. Setiap bulan mobil layanan tersebut beroperasi di kantor BKD.

“Ternyata masih banyak oknum-oknum diluar PNS kita yang sering menghubungi para PNS yang akan mengurus purna tugasnya, bapak ibu tidak perlu menyuruh siapapun, bapak ibu secara langsung bisa ditangani tanpa ada pungutan apapun,”ujarnya. (Znr/kominfo)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here