PT JAMKRIDA SOSIALISASIKAN MANFAAT SURETY BOND

0
66

SURABAYA, SINAR POS  –  PT Jamkrida sosialisasikan manfaat program jasa penjaminan (Surety Bond ) kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para pengusaha penyedia barang dan jasa di provinsi Jawa Timur, di Surabaya Rabu (31/1). Dengan tujuan penjaminan, untuk memberikan kepastian bagi pemerintah bahwa para kontraktor akan dapat menyelesaikan proyeknya sesuai dengan kontrak yang telah disepakati.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur, H Akhmad Sukardi mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah memiliki satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak dibidang penjaminan, yaitu PT Jamkrida Jawa Timur. BUMD ini didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah Daerah provinsi Jawa Timur No 4 Tahun 2009 Tentang Perseroan Terbatas (PT) penjaminan kredit daerah Provinsi Jawa Timur dan telah mendapat ijin dari Menteri Keuangan No KEP-471/KM.10/2009 Tanggal 17 Desember 2009. Jamkrida Jawa Timur termasuk salah satu perusahaan penjamin yang menerbitkan Surety Bond  untuk pengadaan barang/jasa pemerintah melalui APBN/APBD provinsi dan kabupaten/kota.

Surety Bond PT Jamkrida Jawa Timur merupakan perjanjian antara PT Jamkrida Jawa Timur sebagai pihak penjaminan dengan principal sebagai pihak terjamin untuk menjamin kepentingan obligasi bahwa terjamin akan memenuhi kewajiban dalam melaksanakan pekerjaan berdasarkan kontrak perjanjian yang dibuat antara principal dengan obligee.

“Apabila pihak terjamin mengalami wanprestasi atau gagal memenuhi kewajibannya sebagaimana kontrak antara principal dengan obligee, maka PT Jamkrida akan membayar kepada obligee sebesar kerugian yang diderita oleh obligee tersebut maksimal sebesar nilai jaminan,”ujarnya.

Jenis-jenis produk surety bond PT Jamkrida jawa Timur antara lain, jaminan penawaran (Bid bond), merupakan surety bond yang menjamin principal telah memenuhi syarat untuk memenuhi pelelangan proyek sesuai ketentuan obligee. Nilai jaminan surety nond ini adalah 1-3 pesen dari nilai penawaran. Jaminan pelaksanaan (Performance bond), nilai jaminannya surety bond ini adalah 5-10 persen dari nilai kontrak.

Kemudian jaminan uang muka (Advance payment bond) dengan nilai surety bond-nya adalah 20-30 persen dari nilai kontrak. Jaminan pemeliharaan (maintenance bond) merupakan surety bond yang menjamin principal sanggup memperbaiki kerusakan-kerusakan pekerjaan setelah pelaksanaan pekerjaan selesai sesuai kontrak. Nilai jaminan surety bond sebesar 5 persen dari nilai kontrak.

Besaran penjaminan yang dapat dilakukan oleh PT Jamkrida. Sebagaimana diatur dalam pasal 4B ayat (1) Peraturan Menteri PU No 14/PRT//2013 tentang perubahan peraturan Menteri PU No 07/PRT/M/2011 tentang standar dan pedoman pengadaan pekerjaan kontruksi dan jasa konsultasi.  Sebagai berikut untuk paket pekerjaan kontruksi sampai dengan Rp 2,5 miliar dan jasa konsultasi sampai dengan Rp 750 juta. (Nwi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here