Tingkatkan Kualitas Tanaman Padi, Babinsa Dampingi Petani Dalam Pemupukan

0
42

Madiun,- Sinar Pos

Pupuk merupakan salah satu faktor produksi yang sangat penting selain lahan, tenaga kerja dan modal. Pemupukan berimbang memegang peranan penting dalam upaya meningkatkan hasil tanaman.

Anjuran (rekomendasi) pemupukan harus dibuat lebih rasional dan berimbang berdasarkan kemampuan tanah menyediakan hara dan kebutuhan tanaman akan unsur hara, sehingga meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan pupuk dan produksi tanpa merusak lingkungan akibat pemupukan yang berlebihan.

Pemupukan berimbang adalah penyediaan semua kebutuhan zat hara yang cukup sehingga tanaman mencapai hasil dan kualitas yang tinggi yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan petani.

Babinsa Desa Bader Serka Bejo Nurbianto Koramil 0803/12 Dolopo Kodim 0803/Madiun melaksanakan kegiatan Upaya Khusus (Upsus) Pendampingan Kelompok Tani Margo Makmur dalam rangka pemupukan padi jenis Ciherang di area sawah milik Bapak Eko RT 02 RW 01 seluas 0,20 Ha di Dusun Mantren Desa Bader Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun, Senin (29/01/2018).

Di tempat berbeda, Danramil 0803/12 Dolopo Kapten Arm Khoirudin mengatakan “pemeliharaan dan perawatan tanaman padi ini memang harus dilakukan secara ekstra, mulai penanaman, pemupukan, pemeliharaan sampai panen nantinya”.

“Pemupukan maupun pengobatan tanaman harus dilakukan secara tepat dan seimbang, karena bila salah dalam menentukan obat atau tidak sesuai takaran maka akan menyebabkan timbulnya gangguan hama atau penyakit yang dapat mempengaruhi hasil panen,” pungkas Danramil. (MC0803).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here