CUACA EKSTREM, JALUR UTAMA LUMAJANG – JEMBER MACET

0
34

Lumajang,- Sinar Pos

Cuaca ekstrem masih berpeluang besar di wilayah Kabupaten Lumajang( 28 /01/2018 ).

Disekitar kota, angin kencang yang terjadi mulai pukul 12.00 WIB merobohkan pohon waru berdiameter 40cm di Jl. Demokrasi Patok Baru RT 02 RW 18 Kelurahan Jogotrunan Kecamatan Lumajang dan beberapa tempat lain di Kabupaten Lumajang.

Informasi dan laporan pengaduan masyarakat yang diterima oleh Pusdalops PB BPBD dan Posko Terpadu Siaga Bencana Kabupaten Lumajang, ada beberapa pohon tumbang yang terjadi hari ini.

  “Laporan yang kami terima dari masyarakat, ada beberapa pohon tumbang yang terjadi akibat angin kencang hari ini.

Di Kelurahan Jogotrunan ada 3 titik pohon tumbang, bahkan ada yang menimpa rumah warga.”, demikian disampaikan M. Wawan Hadi S, SH, M.Sc (Manager Pusdalops PB BPBD Kabupaten Lumajang).

“Selain itu, angin kencang juga menyebabkan pohon tumbang di Desa Sukosari Kecamatan Jatiroto, sehingga jalur nasional Lumajang – Jember via Jatiroto  tertutup total dan arus lalu lintas harus dialihkan melalui jalur alternatif” tutur pak Wawan yang juga menjabat sebagai Kabid. Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang.

Dari hasil laporan dan penanganan oleh TRC PB BPBD, Posko Terpadu Siaga Bencana dampak angin kencang di Lumajang hari ini antara lain :

1. Jl. Demokrasi Patok Baru RT 02 RW 18 Kelurahan Jogotrunan Kecamatan Lumajang, pohon tumbang jenis Waru,diameter 40 cm;

2. Jl. Iskandar Muda Pasar Senggol Kelurahan Tompokersan Kecamatan Lumajang, pohon tumbang jenis Tanjung,diameter 30cm;

3. Jl. Bengawan Solo RT 01 RW 09 Kelurahan Jogotrunan Kecamatan Lumajang, pohon tumbang  jenis Sono diameter 40 cm, menimpa rumah sdr. Sutrisno, 67 tahun.
Kerugian (atap) Rp. 500.000,-

4. Jl. Raya Sukosari Kecamatan Jatiroto (Jalur nasional Lumajang- Jember), pohon tumbang  jenis Waru, diameter 75 cm;

5. RT 06 RW 03 Kelurahan Jogoyudan Kecamatan Lumajang, pohon tumbang jenis Jati diameter 20 cm, menimpa atap rumah milik sdr. Mochid Arif.
Kerugian :
Galvalum : 12 m2 = Rp. 2.400.000,-
Pondasi rumah : 5 M2 = Rp. 300.000,-
*Total kerugian :* Rp. 2.700.000,-
Kerugian yang menimpa atap dan pondasi rumah milik Sdr. Mochid Arif,diganti sepenuhnya oleh pemilik pohon jati.

Di jalan raya Sukosari Jatiroto, pukul 15.30 WIB pohon tumbang menyebabkan arus lalu lintas Lumajang- Jember macet total sehingga arus lalu lintas dilewatkan jalur alternatif sementara sambil menunggu pemotongan dan pembersihan oleh TRC PB BPBD, Personel Posko Siaga, TNI dan Polri.

Lalu lintas kembali normal pukul 16.00 WIB dan
Menyikapi cuaca ekstrem, masyarakat tetap dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan bila hujan deras apalagi disertai angin kencang dan petir.

“BPBD Kabupaten Lumajang sudah membuka layanan pengaduan bencana 24 jam bahkan kita sudah dirikan Posko Terpadu Siaga Bencana yang personelnya dari TRC PB, TNI,Polri, Orari, Rapi dan Relawan.

Silahkan masyarakat bila menyampaikan informasi bencana langsung menghubungi Pusdalops atau Posko Terpadu”, demikian disampaikan Ir. Teguh Widjayono, MM (Kalaksa BPBD Kabupaten Lumajang).

Layanan Siaga Bencana Pusdalops PB BPBD dan Posko Terpadu Siaga Kabupaten Lumajang dapat dihubungi melalui telepon (0334) 888722, Whatsapps no 081234570077, radio VHF pada frekwensi 158.375 MHz, input 162.130 MHz. Masyarakat lapor cepat, kami akan respon cepat pula.(Rid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here