Do’a Lintas Iman Khoul Sewindu Gus Dur

0
2

Lumajang, sinar pos

Setiap bulan ,komunitas lintas iman melakukan rutinitas berkumpul dari berbagai lintas masing-masing agama di lumajang dengan berbagai kegiatan.Kali ini adalah bertemakan”Khoul sewindu Gus Dur untuk  bangsa dan negara”bertempat  di kantor PCNU lumajang jl.musi No.09 sumberejo kec.sukodono (14/01/2018).

Pra acara di isi oleh grup Hadrah al banjari dari labruk lor dengan membawakan lagu syi’ir tanpo wathon.Pada memasuki sesi acara dimulai dengan tahlil  dan do’a bersama  menurut keyakinan masing-masing untuk mendiang almarhum gusdur yang di kenal sebagai bapak pluralisme, juga tokoh Nahdlatul Ulama dan pernah jadi mantan presiden RI ke 4 di pimpin oleh Gus huda al-pati.Selanjutnya menyanyikan Lagu Indonesia Raya bersama dengan yang hadir di pimpin oleh salah satu rekan pemuda katholik.

Sedangkan beberapa sambutan di isi oleh perwakilan gusdrian Lumajang, perwakilan dari FKUB Lumajang, dan  KH.Nur Khotib selaku perwakilan pengurus PCNU Lumajang  . Lalu seperti biasa ada  perform puisi dari berbagai kawan-kawan dari berbagai  lintas iman berkoalaborasi dengan music dari CIO pimpinan Zainul arifin.

Kemudian  dilanjutkan dengan diskusi  dengan pemantik Gus Aak Abdullah dibantu dengan Romo Adhi Prasetyo dan Gus Huda-Al pati menjelasakan tentang nilai-nilai keberagaman termasuk keberagaman agama yang kemudian menjadi indonesia.

Rizki M. Kordinator Gusdurian Lumajang yang juga pimpinan penyelenggara acara berhasil di wawancara jurnalis  sinarpos  di sela-sela acara diskusi menuturkan,”mengucapkan banyak terimakasih kepada penungurus PCNU lumajang karena telah di fasilitasi tempat dan mendukung kegiatan positif dalam menjalin tali silaturrahim antar umat beragama Lumajang.

Kami gusdurian Lumajang juga menyampaikan amanah dari keluarga besar KH.Abdurrohman Wachid/Gus Dur dan pimpinan presidium Gusdurian pusat Mbak Alissa wachid yaitu mengucapkan banyak terimaksih yang tak terhingga kepada saudara-saudara dalam memperingati sewindu khoul Gus Dur dan do’a dari saudara-saudara lintas iman Lumajang untuk Almarhum Gusdur kami tidak bisa membalas apa-apa, karena acara ini sudah melebihi dari penghargaan dan penghormatan”tuturnya.

Ia juga mengimbuhkan, “selain hari ini di lumajang perlu di ketahui, khoul sewindu (8 tahun)almarhum Gus dur di peringati juga oleh Gusdurian di 4 negara salah satunya Saudi Arabia serta 66 kabupaten/kota di seluruh propinsi yang ada di Indonesia.Harapannya mudah-mudahan acara rutinitas lintas iman hasil kerjasama Gusdurian, PCNU Lumajang dan FKUB semakin di pertahankan  dan langgeng  dalam menjalin silaturrahmi antar agama di kabupaten Lumajang,serta juga tidak terpengaruh apapun . Apalagi saat ini rawan sekali soal isu -isu perpecahan dalam jelang pilkada.Kami bersikap juga tidak berpihak kesiapapun, yang kami harapkan pilkada bisa berlangsung sukses dan damai diLumajang ini”imbuhnya.(rid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here