BENCANA ALAM TANAH LONGSOR DI DS. SIDOMULYO KEC. KEBONAGUNG KAB. PACITAN YANG MENGAKIBATKAN 11 ORANG WARGA TERLUKA

0
133

Pacitan,Sinar Pos

Pada hari Minggu, 14 Januari 2018 pukul 11.30 WIB, bertempat Dsn. Mantenan Ds. Sidomulyo Kec. Kebonagung Kab. Pacitan telah terjadi bencana alam tanah longsor susulan yang mengakibatkan 10 orang warga yang sedang melaksanakan kerja bhakti membuka akses jalan terluka  terkena gunturan batu dan tanah.

Dengan kronologi kejadian Pukul 08.00 WIB, warga Dsn. Mantenan Ds. Sidomulyo Kec. Kebonagung melaksanakan kerja bhakti untuk membuka  akses jalan yang tertutup longsor yang sudah dikerjakan hampir 2 Minggu oleh warga sekitar. Pukul 11.30 WIB, terjadi longsor susulan yang mengakibatkan 11 org warga yg sedang melaksanakan kerja bakti mengalami luka luka ringan akibat terkena gunturan batu dan tanah.Adapun nama-nama korban luka  yang dirawat di rumah RSUD Dr Sudomo Pacitan sebagai berikut :

1) Sarengat (64 th) cedera pada kepala

2) Sodik (46 th) cedera pada bagian kepala dan kaki

3) Samsul Aripin (21 th) cedera pada kepala

4) Suwito (30 th) cedera pada kepala

5) Nedi (43 th) trauma paha dan dada

6) Suprapto (38 th) cidra dada dan kaki

Korban yang dirawat di Puskesmas Kebonagung :

1) Sumiran (60 th) lecet pada kaki

2) Muhadi (40 th) lecet pada kaki dan tangan

3) Guntur (35 th) luka lecet pada lutut sudah diperbolehkan pulang

4) Boby (20 th) luka lecet pada bagian tangan sudah diperbolehkan pulang

5) Wahyuni (25 th) luka lecet pada bagian betis kaki sudah diperbolehkan pulang. Akibat dari kejadian ini 11 orang warga Dsn. Mantenan Ds. Sidomulyo Kec. Kebonagung mengalami luka berat dan ringan (7 orang luka berat dan 4 orang luka ringan) saat ini 11 korban dibawa ke Puskesmas dan RSUD Pacitan untuk mendapatkan penanganan medis.untuk Akses jalan penghubung antara Ds. Sidomulyo – Ds. Klesem tepatnya di Dsn. Mantenan Ds. Sidomulyo Kec. Kebonagung Kab. Pacitan masih tertimbun longsoran tanah dam batu.untuk personil sendiri dari Babinsa Bersama Babinkamtibmas bersama masyarakat  setempat ikut membantu membersikan lonsoran batu.untuk Mengevakuasi warga yang terluka untuk dibawa ke Puskesmas terdekat dan  RSUD Pacitan untuk segera diberikanpertolonganmedis.Menghimbau Kepada warga sekitar agar tidak mendekati TKP karena dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan.

Perlu himbauan kepada warga sekitar untuk selalu berhati hati dalam malaksanakan aktivitas apabila hujan karena sangat tidak menutup kemungkinan akan terjadi longsor yang mengakibatkan kerugian lebih besar.(Dani)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here