Siti Jamaliah Lubis Sebagai P3 Kongres Advokat Indonesia

0
238

SURABAYA, SINAR POS – Kongres Advokad Indonesia  (KAI) menggelar  Rapat Pimpinan Nasional  untuk memilih Ketuanya, di Hotel Wyndham Surabaya Kamis (11/1/18).

Apolos Djara Ponga  SH MH, Sekjen  KAI  Mengatakan  kepada awak Media, bahwa Rapimnas ini awalnya alot ya, tapi pada akhirnya bisa menentukan   ibu Siti Jamaliah Lubis sebagai P3 dalam melaksanakan menghantar kontes pada akhir jabatan nasden bulan mei 2019. Saya kira wacana yang muncul di dalam rapimnas ini cukup luar biasa. Ini sebenarnya juga membuka cut cut yang selama ini kurang berjalan dengan  bagus. Beliau adik kandungnya Ibu Pak Indera, dia sebelumnya  jadi bendahara.umum di dpd.  Di KAI Ada  23 DPD dari 34. Dengan jumlah  anggota di seluruh Indonesia   sebanyak  22000 orang. DPDnya  ada di semua  provinsi, DPC nya ada  80persen ada dikota kabupaten.  Separuhnya ada posbakum,  dan separuhnya  lagi belum dibuat. Ujarnya.

Yang diperjuangkan adalah bagaimana kesetaraan, kehidupan  advokad  dengan penegak hukum lainnya. Contoh  kita berbicara tentang  yang paling prinsipil saja, misalnya  jam  besuk, didalam  KUHAP, sudah jelas,  pengacara dapat    gini gini, kliennya tersangka sewaktu waktu. Tetapi dibuat seolah olah baik oleh Polisi, maupun oleh Kejaksaan, bahwa advokat kita itu waktu besuk  sehari hari  selasa kamis misalnya,  tidak bisa seperti  itu. Kita setara, kalau kalian bisa periksa orang kapan saja, seharusnya kita juga bisa,  mengunjungi dan mendapatkan informasi untuk kepentingan pembelaan klien sewaktu waktu kecuali dihari libur. Itu barangkali,  yang berikut  saya kira penghargaan terhadap advokad kita juga,  kita minta  ketika pemeriksaan saksi bisa kita dampingi   sesuai undang undang perlindungan saksi dan korban. tutur  Apolos Djara. (Nwi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here