Berani, Tegas, komitmen

Berani,Tegas, komitmen

Rakor Penyelesaian Potensi Konflik kawasan Hutan Lindung Gunung Lemongan

Lumajang,Sinar Pos

Polsek klakah bekerjasama dengan Binmas polres Lumajang(05/12/2017) ,mengadakan acara “Rakor penyelesaian konflik”dikawasan Hutan Lindung gunung Lemongan yang berada pada wilayah kecamatan Klakah kabupaten Lumajang.

Rapat koordinasi/Rakor siang itu berlangsung di warung brazil Jl.Raya pantura klakah,di hadiri oleh perwakilan yang diundang antara lain Forkopimka lengkap(Camat,Danramil dan Kapolsek kecamatan Klakah), Perwakilan Asper perhutani Lumajang, Perwakilan pemdes  dan LMDH dari dua desa (Desa Papringan &Desa Sumber wringin) yang ada di lereng hutan lindung lemongan, Serta perwakilan Kelompok Relawan Laskar hijau yang sangat konsen menghijaukan hutan lindung lemongan.

Rakor di pandu langsung oleh Kapolsek Klakah AKP.Dodik H. yang diawal acara  memberikan kesempatan sambutan kepada camat klakah beberapa patah kata dan disambung sambutan oleh Danramil klakah Kapt.Inf Parlan yang  berstatment ,bahwa hutan Lindung Lemongan ini harus kita rawat, kita lestarikan dan kita jaga terutama harus menanami pohon meski hanya satu pohon dan bermanfaat bagi perekonomian warga serta tidak merusak hutan lindung, terutama agar tidak terjadi bencana alam seperti tanah longsor.Kalau bisa dikelola juga sebagai tempat wisata yang berbasis masyarakat karena lemongan juga sudah menjadi wisata geopark dengan harapan kedepannya  bisa maju seperti wisata gunung semeru.

kemudian dilanjutkan dengan musyawarah  Rakor dengan tujuan  mencari solusi bersama dan kompak agar:

– tercipta kedepan situasi yang kondusif
serta tidak ada konflik di belakang hari.
– pengelolan manfaat hutan lindung
gunung lemongan bagi warga sekitar
terutama perekonomian yang tidak merusak
hutan lindung sesuai dengan regulasi
undang-undang.
– Bekerjasama dalam merawat, melestarikan
dan melindungi hutan lindung lemongan.

Karena ini terkait dengan konflik yang terjadi di wilayah ini beberapa bulan terakhir dan kasusnya sudah ke ranah hukum.Kapolsek klakah juga bersteatmen akan menyelesaikan  mengusut tuntas tanggungan kasus hukum perusakan hutan lindung lemongan yang di limpahkan ke polres Lumajang biar kasus ini tidak berkembang.

Saat di wawancara awak media Kapolsek klakah AKP.Dodik H. sebagai kordinator penyelenggara acara menuturkan, “dalam acara ini kami mendatangkan instansi terkait, warga dan kominitas yang peduli lingkungan hutan lindung lemongan yakni Laskar hijau, untuk membicarakan bersama mengenai masalah penanganan masalah hutan lindung.

Yang paling utama adalah pengelolaan dengan benar,sebab jika tidak di kelola dengan baik maka menimbulkan bencana alam seperti wilayah lain yang sudah terjadi .Salah satunya bisa dikelola dengan cara wisata karena Lumajang ini potensi wisata sudah mulai maju dengan pesat, harapanya potensi hutan dikelola dengan tepat guna bagi masyarakat sekitar dan bukan dikuasai investor luar ataupun orang luar desa sekitar hutan tersebut”.

Terkait kasus hutan lemongan yang dilimpahkan ke Polres dan ada isu  berkembang mengenai pihak-pihak yang di duga memprovokasi penguasaan tanah  pada lahan hutan lidung untuk di sertifikatkan yang sampai saat ini banyak merugikan warga desa sekitar, sudah menjadi pembahasan di polres agar dapat diselesaikan agar kedepannya tercipta suasana kondusif di wilayah hukum polres Lumajang serta tidak menimbulkan konflik dikemudian hari, sehingga tidak berkembang kemana-mana”, ibuhnya menambahkan.(rid)

Komentar anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *