Berani, Tegas, komitmen

Berani,Tegas, komitmen

Sebagian Jawa Timur Dilanda TC Cempaka

Breaking News Sinar Pos
Pacitan dilanda banjir dan longsor. Hingga saat ini Selasa (28/11) kondisi  hujan dan gelombang tinggi masih terjadi. Tim dari Provinsi telah melakukan upaya – upaya penanganan dengan mengirimkan peralatan dan logistik utk warga Pacitan yg dipimpin Bapak Kalaksa Jatim dg BKO BPBD kab/kota terdekat. Tercatat bantuan yang dikirim antara lain selimut,  makanan siap saji,  Genset,  Alag Komunikasi,  Family Kid,  Prau Karet BKO dari Nganjuk, Ngawi, Madiun kab, Madiun kota, Magetan, Ponorogo. Selain itu,  bantuan uang santunan untuk korban bencana.
Adapun jalur menuju Pacitan saat ini yang terputus antara lain :
1.    Ponorogo-Pacitan terputus di Slahung kondisinya longsor
2.    Ponorogo – Ngadirojo (Wonogiri) – Pacitan kondisinya banjir
3.    Ponorogo – Ngrayun – Tulakan – JLS kondisi longsor di desa Ngadirojo
4.    Ponorogo – Gemaharjo (Pacitan) kondisi longsor.
5.    Pacitan Arjosari – Wonogiri, Purwantoro (jateng) putus jembatan di Kecamatan Nawangan.
Seluruh bantuan beserta tim BPBD Provinsi dan BPBD Kab/Kota terdekat telah bergerak untuk penanganan Pacitan. Namun karena akses dari dan ke Pacitan putus sementara tim di Ponorogo dikarenakan Ponorogo juga mengalami banjir untuk membantu evakuasi penduduk. Tercatat dampak Banjir Ponorogo berada di Kelurahan Paju dan kel. Pinggir Sari kec. Ponorogo. Pengungsian di Masjid Agung Ponorogo dg jumlah pengungsi 22 KK, 80 jiwa. Bantuan personil dri ACT : 50 personil, 4 prahu karet, dan alat evak.
Normalisasi jalan menuju Pacitan baru bisa diupayakan Rabu (29/11) oleh UPT Binamarga Provinsi sebagai upaya membuka akses jalan yang terkena longsor. Untuk saat ini komunikasi terputus dengan personil di Pacitan, dikarenakan di lokasi dilakukan pemadaman listrik. Lokasi pengungsian sementara ada di GOR Pacitan dan Masjid Sinorboyo.
Diharapkan seluruh personil dan instansi teknis lainnya mempersiapkan kebutuhan penanganan evakuasi dan persiapan logistic untuk menunggu perintah pergerakan.
Cuaca ekstrem yang terjadi akibat pengaruh Siklon Tropis Cempaka telah menyebabkan bencana banjir, longsor dan puting beliung. BMKG telah menyampaikan peringatan dini adanya siklon tropis Cempaka yang berada di perairan  sekitar 32 km sebelah selatan-tenggara Pacitan Provinsi Jawa Timur. Kekuatan siklon 65 km per jam pada Selasa (28/11/2017). Dampak dari siklon tropis Cempaka adalah cuaca ekstrem seperti hujan deras, angina kencang, daN gelombang tinggi di Jawa dan Bali.
Siklon Tropis Cempaka yang menyebabkan bencana yang terjadi di Jawa Timur.  Hingga saat ini tercatat di Pusdalops BPBD Jatim, bencana akibat TC Cempaka adalah Pacitan, Sidoarjo, dan Ponorogo.Diperkirakan siklon tropis Cempaka akan bergerak menjauhi  wilayah Indonesia pada Rabu (29/11). Namun masih memberikan dampak hujan deras dan gelombang tinggi di wilayah Jawa dan Bali. Masyarakat dihimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi ancaman banjir, longsor dan puting beliung.(PUSDALOPS PB BPBD JATIM/DANI)

Komentar anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *