Berani, Tegas, komitmen

Berani,Tegas, komitmen

Raperda APBD 2018 di Sepakati Pemkot dan DPRD Kota Bekasi

Kota Bekasi, Sinar Pos

Rancangan Peraturan Daerah (Raperda,red) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD,red) Kota Bekasi Tahun 2018 pada rapat paripurna DPRD (27/11) di Kantor DPRD Kota Bekasi. Penandatanganan Kesepakatan Raperda APBD TA. 2018 dalam berita acara persetujuan bersama langsung oleh Ketua DPRD Kota Bekasi, H. Tumai dan diikuti para Wkil Ketua DPRD. Sementara untuk Pemkot Kota Bekasi di tandatangani oleh Wakil Walikota Bekasi H Ahmad Syaikhu, Kepala Bappeda Kota Bekasi Koeswara dan Asisten Administrasi Umum (Asda III) Dadang Hidayat serta disaksikan peserta rapat paripurna. Rapat paripurna kali ini, selain kesepakatan mengenai Raperda APBD 2018, juga dilakukan penetapan rancangan program peraturan daerah yang akan di bahas DPRD Kota Bekasi pada 2018.

Usai melakukan penandatanganan Wakil Walikota Bekasi H Ahmad Syaikhu mengatakan, RAPBD Tahun Anggaran 2018 bermula dari program partisipasi masyarakat dalam Musrenbang di kelurahan hingga tingkat Kota.  Dan atas nama Pemerintah Kota Bekasi, ia mengucap syukur bahwa proses panjang penyusunan APBD Tahun Anggaran  2018 dapat disepakati bersama dalam rapat paripurna kali ini.  “Kami apresiasi kinerja DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah mulai dari Musrenbang, pelaksanaan renja, KUA PPA, dan Nota Keuangan hingga kesepakatan bisa terlaksana,” ungkapnya.  Wawali Ahmad Syaikhu menyebutkan gambaran umum APBD 2018 Kota Bekasi dari segi pendapatan daerah sebesar Rp 5 Triliun dan Belanja Daerah sebesar Rp 5.8 Triliun.  Alokasi belanja daerah terdiri dari belanja langsung pembangunan sebesar Rp. 3,3 Triliun lebih dan belanja tidak langsung atau belanja pegawai sebesar Rp. 2.4 Triliun lebih.  Pembiayaan APBD 2018 lanjutnya fokus pada  4 prioritas pembangunan. Pertama, penanganan kemacetan dengan program prioritas pembangunan jalan dan jembatan, kedua penanganan permukiman. Lalu ketiga, peningkatan taraf kesehatan masyarakat melalui program pelayanan dasar kesehatan termasuk program Kartu Sehat Berbasis NIK, dan keempat peningkatan kualitas pendidikan dasar.  “Secepatnya, tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) agar mempersiapkan dokumen yang diperlukan bersamaan dengan progres evaluasi APBD Tahun Anggaran 2018 oleh Gubernur Jawa Barat dan APBD bisa terlaksana. Berikut 13 Raperda di TA. 2018 yang sudah di susun berdasarkan skala prioritas.

  1. Raperda Perubahan atas Perda No. 13 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RT/RW) Kota Bekasi 2011-2031 – Usulan Pemkot Bekasi.
  2. Raperda Pajak Daerah –  Pemkot Bekasi.
  3. Raperda Konservasi dan pemanfaatan berkelanjutan keanekaragaman hayati- Pemkot Bekasi.
  4. Raperda Pembiayaan jaringan pelayanan kesehatan bagi masyarakat berbasis Nik- Pemkot Bekasi.
  5. Raperda Pedoman Pengelolaan Barang milik daerah- Pemkot Bekasi.
  6. Raperda Rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup – Pemkot Bekasi.
  7. Raperda Rumah susun umum di kota Bekasi- Pemkot Bekasi.
  8. Raperda Rencana Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bekasi 2018-2023 – Pemkot Bekasi.
  9. Raperda Penanggulangan bencana daerah – usulan DPRD Kota Bekasi.
  10. Raperda Olahraga prestasi – DPRD Kota Bekasi.
  11. Raperda Ketahanan pangan –  Pemkot Bekasi.
  12. Raperda Taman kota – usulan DPRD Kota Bekasi.
  13. Raperda Penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan – DPRD Kota Bekasi.

 

Selebihnya dikatakan Wawali Kota Bekasi. Saya  juga mengucapkan terima kasih kepada tim badan legislasi daerah dan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) atas upaya  menyelesaikan peraturan daerah di TA. 2017 dan penetapan 13 prioritas peraturan daerah yang akan dibahas pada 2018 oleh Badan Legislasi Daerah. Sebanyak 9 prioritas peraturan ini merupakan usulan Pemkot Bekasi dan 4 prioritas usulan DPRD. “Semoga niat kita untuk membangun masyarakat Kota Bekasi yang kita cintai di Ridhoi Allah SWT. Mewujudkan Kota Bekasi yang Maju, Sejahtera dan Ihsan,”  Tutur Ahmad Syaikhu. (Mono)

Komentar anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *