Berani, Tegas, komitmen

Berani,Tegas, komitmen

Menteri Hukum Dan Ham Kukuhkan Timpora Jatim

SURABAYA, SINAR POS – Kementerian Hukum dan HAM RI menggelar pengukuhan tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Jatim yang dilakukan  Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly di Hotel Wyndham, Surabaya, Selasa (14/11).

Menteri Hukum dan HAM RI (Menkum-Ham), Yasonna Laoly mengatakan, pembentukan Timpora tersebut bertujuan untuk menanggulangi arus orang asing yang melanggar atau masuk Indonesia, tanpa dilengkapi surat-surat resmi.

“Harapan kita bisa deteksi dini atau pencegahan dan pengawasan terhadap orang asing bisa ditingkatkan lagi. Apa yang dikhawatirkan tentang penyalahgunaan ijin keimigrasian , orang  asing melakuan perbuatan hukum, khususnya cyber -crime bisa dicegah dengan  tim kita sendiri,” katanya.
Menurut Menkum-HAM Yasonna Laoly, sekarang ini tinggal koordiansi dan bekerjasama kantor  imigrasi atau kanwil imigrasi untuk melakukan koordinasi  dengan Timpora yang ada. “Dirjen Imigrasi akan bekerjasama dan membina mereka semuanya. Sebelumnya, Timpora itu sudah ada dan akan ditingkatkan lagi jumlahnya,” tutur Menkum-HAM, Yasonna Laoly.

Sementara itu,  Wakil Gubernur Jawa Timur, H Saifullah Yusuf mengatakan, hal ini dilakukan untuk membuat situasi kondusif di Jatim ini.

Wagub menyebutkan, ada 9.791 WNA yang tercatat di Kemenkumham Jatim.
Mereka di Jatim ini ada yang bekerja, sekolah, dan lain-lain.

“Tentu saja mereka akan kita lihat, periksa, dan awasi, agar memenuhi syarat tinggal di indonesia,” ujar wagub.

Namun demikian, Wagub juga bersyukur Kemenkumham bisa menambah kekuatan, karena memang harus dilakukan pengawasan yang lebih besar.

“Kita ingin turis-turis  bisa liburan tanpa melanggar hukum dan mereka menaati peraturan. Kita berusaha mendatangkan turis asing sebanyak 1 juta turis,” tutur wagub. (Nwi)

Komentar anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *