Berani, Tegas, komitmen

Berani,Tegas, komitmen

SOSIALISASI IZIN TINGGAL TERBATAS ONLINE

SURABAYA, SINAR POS – Kementerian Hukum dan Hak Asasi manusia R.I, Kantor wilayah Jawa timur menggelar acara sosialisasi Izin tinggal terbatas di Hotel Majapahit Surabaya Rabu (4/10).

Kepala Divisi Keimigrasian Jawa Timur, Muhammad Yanis, mengatakan Rencana strategis KemenKumham tahun 2015 – 2019 adalah penjabaran rencana  pembangunan jangka menengah (RPJN) ke-3 yang ditujukan untuk lebih memantapkan pembangunan secara menyeluruh diberbagai bidang. Penegakan hukum dan pelayanan bidang keimigrasian menjadi “Core Business” dari tugas kementerian Kumham dibidang keimigrasian yang memiliki fungsi, Pelayanan dokumen perjalanan, Visa dan fasilitas keimigrasian, pendeteksian pelanggaran atau kejahatan keimigrasian. Persetujuan Izin tinggal dan status keimigrasian. Pelaksanaan fungsi ke imigrasian di wilayah Perbatasan dengan Negara lain, perwakilan RI dan tempat lainnya diluar negeri.serta kerjasama luar negeri. Penyidikan dan tindakan Pelaku tindak Pidana keimigrasian. Penyelenggaraan system informasi managemen keimigrasian. Penyelenggaraan fungsi pengkoordinasian, pelayanan dan pengawasan keimigrasian di wilayah.ujar M.Yanis.

M.Yanis menambahkan, untuk tahun 2017 mencanangkan 4 target kinerja, Penguatan Pelaksanaan Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA).  Pembayaran penerimaan Negara bukan pajak (PNBP) layanan izin tinggal (ITK, ITAS, ITAP) melalui bank dengan aplikasi Simponi. Pendaftaran Permohonan Izin tinggal (ITK, ITAS, ITAP) secara online dan Pendaftaran Permohonan Paspor secara Online.ujarnya.

Sementara itu, Kasi ijin tinggal terbatas (Itas) Keimigrasian Kemenkumham, Tessar Bayu Setyaji mengatakan, Perusahaan yang menggunakan Tenaga Kerja Asing (TKA) wajib mengurus permohonan izin tinggal sementara. Jika tidak, sanksinya bisa deportasi pada TKA tersebut.

Pengurusan Kitas ini semakin mudah, bisa dilakukan dengan online. Pendaftar mengisi kelengkapan data berupa paspor kebangsaan yang masih berlaku, visa bekerja, surat penjamin dari penjamin, surat keterangan domisili, surat rekomendasi dari kementerian terkait, serta telah melakukan pembayaran di Bendahara Kantor Keimigrasian.”Jadi tidak perlu lagi mendaftar ke kantor berkali-kali,” ujarnya.

Tessar  menambahkan, pendaftar cukup datang sekali saja untuk pengambilan foto, sidik jari dan pembuatan kartu. dalam layanan online ini juga dikirimkan buku Izin Tinggal Terbatas dalam bentuk PDF. Sehingga TKA juga bisa mencetak buku sendiri. Namun untuk kartu aslinya dicetak di keimigrasian.

Tessar mengakui, saat ini hanya Kitas yang bisa online, sementara Kartu Ijin Tinggal Tetap (Kitap) tidak bisa secara online, sebab butuh fisik keberadaan dari pendaftar. (Nwi)

 

Komentar anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *