Berani, Tegas, komitmen

Berani,Tegas, komitmen

Truk Material Batu Tambang Sebabkan Polusi Udara & Jalan Aspal Rusak

keterangan : Foto Truk Pengangkut Material Tambang Batu sebabkan Polusi Udara dan Jalan Rusak Parah.

BANYUWANGI – SP

Sedikitkan ada sebanyak ratusan truk yang mengangkut bahan material batu tambang berlalu lalang setiap harinya memanfaatkan jalan aspal di Desa Pendarungan, Desa Tambong dan Desa Macanputih Kecamatan Kabat serta Desa Gumuk Kecamatan Licin dan Jalur utama wilayah Kecamatan Kalipuro.

Pantauan wartawan SP saat berada disejumlah titik lokasi pertambangan batu, pasir dan tanah urug hingga berita ini diturunkan puluhan truk material tambang sirtu dan urugan yang beraktifitas masih belum memenuhi prosedur dan standarisasi muatan “Tonase” serta tidak menggunakan terpal penutup bak truk untuk meminimalisir adanya polusi udara yang disebabkan oleh debu yang bertebaran ke jalan raya ketika truk tersebut berjalan.

Dari pengakuan sejumlah warga masyarakat pemakai jalan dan warga penduduk Kecamatan Kota, Kabat dan wilayah Kalipuro saat ditemui mengatakan, sangat mengeluhkan adanya truk material yang setiap hari berlalu lalang menimbulkan polusi udara dan membuat jalan aspal rusak hingga mengakibatkan berlubang. Padahal, tahun lalu baru terealisasi pengaspalan hotmik oleh Dinas PU Binamarga Kabupaten Banyuwangi. Namun, Pemerintahan Desa (Pemdes) setempat terkesan tutup mata dan tidak punya daya untuk menyelesaikan persoalan itu.

“ Ada puluhan truk yang beroperasi disini mesti ngebut dan ugal – ugalan, jarang sekali berjalan pelan – pelan padahal truk itu melewati pemukiman warga padat penduduk dan sejumlah titik wilayah sekolahan,”Ungkapnya enggan disebutkan identitasnya.

Selain itu, mengenai legalitas pertambangan di Banyuwangi harus dilakukan sidak dan audit sehingga terkontrol akan kewajibannya terhadap aturan yang sudah diatur oleh Pemerintah.

Disisilain, kondisi pertambangan masih belum jelas kontribusinya terhadap kebutuhan infrastruktur bagi masyarakat. Apabila, bermanfaat maka akses jalan yang dilewati truk pengangkut material tambang kondisi jalannya sudah dapat dipastikan terawat dengan baik.

“ Rata – rata jalan aspal sudah banyak yang rusak sehingga pengguna jalan sangat dirugikan akan hal ini. Diharapkan Pemerintah  dan DPRD mengambil langkah tegas untuk menertibkan semua persoalan ini,”Harapan warga.(Tyo)

 

 

Komentar anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *